Bukan Cuma Rendang, Makanan Khas Padang Ini Rasanya Juga Juara!

Berwisata kuliner ke daerah-daerah di Indonesia memang tak ada matinya. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa mencicipi beragam kuliner nikmat yang dijamin bisa bikin ketagihan. Nah, salah satu kota yang terkenal dengan kulinernya adalah Padang.

Salah satu kuliner asal Kota Padang yang populer di tanah air adalah Rendang. Bahkan, kuliner tersebut tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga hingga ke mancanegara. Namun, Padang tidak hanya memiliki Rendang. Anda bisa mencoba makanan khas Padang lainnya yang pastinya juga punya cita rasa juara. Nah, berikut adalah empat makanan khas Padang yang wajib Anda coba.

1. Sate Padang, Rempah yang Kental Super Lezat

Jika berkunjung ke Padang, jangan sampai kelewatan untuk mencoba kuliner yang satu ini. Kelezatan sate Padang memang sudah terkenal ke seantero negeri. Ciri khas dari makanan tradisional ini adalah kuah satenya yang gurih. Berbeda dengan bumbu sate di Pulau Jawa yang lebih akrab dengan rasa manis dan berasal dari olahan kacang tanah.

sate-padang

Sate Padang [Image source]

Di Padang, kuah satenya dibuat dari kaldu daging yang dimasak dengan 19 macam bumbu rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Semua bumbu, termasuk bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan serai kemudian dicampur dengan berbagai jenis cabai. Nah, inilah yang menjadi rahasia di balik lezatnya kuah sate Padang. Untuk bahan dagingnya, sate Padang menggunakan daging sapi, lidah, dan juga jeroan seperti jantung, usus, dan tetelan.

2. Teh Talua

Mampir ke Kota Padang, mari cicipi minuman lezat yaitu Teh Talua. Minuman tradisional asli Sumatera Barat, khususnya Padang ini, memang banyak diburu oleh wisatawan. Mereka sebagian besar merasa penasaran dengan rasa dari teh ini. Usut punya usut, Talua memiliki arti telur.

teh-talua

Teh Talua [Image source]

Jadi, teh Talua adalah minuman yang dibuat dari campuran kuning telur ayam kampung atau bebek, susu, dan gula. Soal rasa tak perlu ditanya, karena minuman ini juga dipercaya bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan vitalitas. Menurut cerita masyarakat Padang, teh Talua dulunya hanya dihidangkan di keluarga bangsawan. Namun, sekarang teh itu bisa dinikmati oleh siapa pun.

3. Soto Padang

Nah, ini adalah salah satu makanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Padang. Namanya Soto Padang. Kira-kira apa keistimewaan dari soto ini? Soto Padang dikenal dengan kuahnya yang super nendang karena dibuat dari kaldu sapi. Isian dari soto ini adalah bihun dan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering.

soto-padang

Soto Padang [Image source]

Sebagai pelengkap, soto kemudian diberi tambahan perkedel kentang dan taburan kerupuk merah. Jadi, bagi Anda yang suka kuah soto dengan cita rasa gurih dan segar. Soto Padang adalah pilihan tepat karena kuah sotonya memang super lezat.

4. Es Tebak

Setelah menyantap makanan berat, yuk cicipi kuliner es khas Padang yang super nikmat. Es tebak namanya. Biasanya, es tebak hanya disajikan di daerah Minang. Tebak sendiri merupakan bahan utama dari es ini yang dibuat dari campuran tepung beras yang dimasak seperti cendol, lalu dibentuk seperti mie.

es tebak

Es Tebak [Image source]

Sepintas, tebak memang memiliki bentuk menyerupai cendol tapi teksturnya lebih keras. Untuk isiannya, es ini berisi potongan nangka, kolang kaling, cincau, kelapa muda, tape singkong dan tebak. Untuk melengkapi rasanya, es ini kemudian disiram air gula tebu, susu cokelat, sirop merah, dan susu kental manis.

Meski rendang rasanya memang enak, tapi jangan coba makanan itu saja dong. Padang tentunya memiliki banyak warisan kuliner yang patut Anda cicipi. Nah, mau coba yang mana dulu?

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *