Kuliner Lezat Asli Kediri

Wisata kuliner bisa dibilang sebagai salah satu hobi yang paling ngehits saat ini. Dengan mencoba beragam sajian tradisional dari berbagai daerah, kita bisa tahu bagaimana adat dan budaya masyarakat lokal di sana. Untuk itu, rasanya sayang sekali kalau berkunjung ke sebuah tempat, kita tidak menyempatkan diri untuk berkeliling wisata kuliner.

Nah, apakah Anda pernah mampir ke Kediri? Kalau pernah, seharusnya Anda sudah coba beberapa kuliner dari kota yang berjarak 130 km di sebelah barat daya Surabaya ini. Apa saja? Ini lho enam makanan khas Kediri yang wajib Anda cicipi.

1. Nasi Tumpang

Tumpang atau juga biasa disebut sambal Tumpang, adalah salah satu makanan khas Kediri. Penyajiannya tak jauh beda dengan nasi pecel. Anda akan menemukan aneka sayur-mayur di dalamnya, yang kemudian dilengkapi dengan peyek kacang atau udang.

nasi-tumpang

Nasi Tumpang [Image source]

Untuk membuat sambal Tumpang, kita hanya perlu menyediakan tempe yang sudah busuk. Warga lokal biasanya menyebut tempe bosok. Tempat tersebut lantas dihancurkan dan dimasak dengan aneka bumbu seperti cabai, bawang, garam, dan rempah lainnya.

2. Gethuk Pisang

Untuk camilannya, Anda bisa memborong gethuk pisang khas Kediri yang sudah terkenal kelegitannya. Camilan ini konon sudah ada sejak zaman kerajaan Kediri lho. Karena itu, gethuk pisang pun telah dijadikan salah satu warisan kuliner tanah air yang patut dilestarikan.

getuk-pisang

Getuk Pisang [image source]

Pada umumnya, gethuk memang dibuat dari umbi-umbian seperti singkong dan lain-lain. Namun di Kediri berbeda, gethuk justru dibuat dari buah pisang. Untuk membuat jajanan tradisional ini dibutuhkan jenis pisang raja nangka. Pisang tersebut sengaja dipilih sebab punya citarasa yang khas, berbeda dengan jenis pisang lainnya.

3. Tahu Kuning

Kediri memang dikenal sebagai kota tahu, karena banyak banyak sentra pembuatan tahu, khususnya jenis tahu kuning, yang dijumpai di sana. Tahu kuning biasanya juga disebut tahu takwa. Hal ini karena saat pembuatannya, air yang digunakan untuk merendam tahu juga diberi kunyit. Alhasil, warna tahu pun ikut berubah menjadi kuning.

tahu-kuning

Tahu Kuning [Image source]

Apa beda tahu kuning dan putih? Bedanya ada pada tingkat kepadatan dan kekenyalannya. Tahu kuning cenderung lebih padat dan kenyal, serta memiliki pori yang halus. Sementara itu, tahu kuning cenderung tidak terlalu padat dan berpori besar, sehingga mudah sekali hancur saat dipotong atau dipegang. Tahu kuning juga mempunyai rasa yang lebih gurih dan renyah daripada tahu putih biasa.

4. Aneka Olahan Bekicot

Oke, mungkin tidak semua orang menyukai menu yang satu ini. Namun, aneka olahan bekicot atau lebih akrab disebut 02 ini telah menjadi makanan tradisional yang digemari banyak orang, khususnya di Jawa Timur. Dan Kediri menjadi salah satu sentra pengolahan berbagai panganan khas bekicot.

sate-bekicot

Aneka Olahan Bekicot [Image source]

Sate 02 menjadi salah satu kuliner olahan bekicot yang cukup disukai di Kediri. Sentra pembuatan sate bekicot bisa ditemui di Desa Djengkol, Plosoklaten, Kediri. Selain sate, Anda juga bisa menemukan olahan bekicot lainnya seperti keripik.

Inilah lima makanan khas Kediri yang patut Anda coba saat berlibur ke kota tersebut. Dan karena kuliner tradisional termasuk warisan budaya, kita tetap harus melestarikannya agar tak punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *