Kisah Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang di Padang

Kisah Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu mungkin kita tahu hanya sekedar dongeng saja tapi bagaimana jika ada Batu Malin Kundang sungguhan? Kalau kamu tidak percaya coba deh akhir pekan nanti rencanakan liburan ke Pantai Air Manis di Padang dan lihat sendiri penampakannya.

Traveler dari mana saja jika liburan ke Padang wajib hukumnya mampir ke Pantai Air Manis. Pantai ini terletak di kelurahan Air Manis, kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat. Kenapa wajib? Sebab pantai ini tengah populer lantaran kisah dongeng Malin Kundang yang begitu melegenda dimana pada akhir ceritanya anak durhaka ini dikutuk ibunya menjadi batu.

pantai-air-manis

Paralayang di Pantai Air Manis, via instagram

Populernya nama Pantai Air Manis ini memang tidak lepas dari keberadaan batu berbentuk seperti manusia yang sedang bersujud yang kemudian dikenal dengan nama Batu Malin Kundang. Pantai ini sendiri sebenarnya memiliki panorama yang indah dengan pasirnya yang putih serta memiliki air laut yang jernih. Di tengah laut terdapat sebuah pulau kecil yang asri bernama Pulau Pisang.

Saat surut traveler bisa tuh jalan kaki hingga ke pulau kecil seluas satu hektar itu. Rata-rata traveler yang datang ke Pulau Pisang untuk istirahat dan menyantap bekal yang mereka bawa. Pantai ini juga punya ombak besar yang cukup stabil yang dimanfaatkan banyak peselancar untuk bermain surfing. Cara lain menikmati pantai ini adalah dengan olahraga ekstrim berupa paralayang.

pantai-air-manis2

Pantai Air Manis, Padang, via instagram

Kalau sudah di Pantai Air Manis sekalian saja cari spot Batu Malin Kundang yang kisahnya sangat melegenda di nusantara. Batu ini menyatu dengan batu-batu lainnya jadi pastikan kamu cukup teliti untuk menemukan batu yang bentuknya seperti manusia yang sedang telungkup. Di sekitar Batu Malin Kundang juga ada bebatuan besar yang tersebar. Konon batu-batu tersebut adalah kapal besar milik si anak durhaka.

batu-malin-kundang

Batu Malin Kundang, via instagram

Untuk masuk ke dalam kawasan wisata Pantai Air Manis traveler harus membayar biaya sebesar Rp. 5 ribu. Rutenya melewati jalan raya Teluk Bayur dengan menaiki bus Trans Padang dengan rute Lubuk Buaya-Pasar Raya-atas Kota. Dari sana traveler masih harus naik angkot yang membawamu ke persimpangan Pantai Air Manis. Setelah itu perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menumpang ojek. Ayo buruan berlibur ke pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *