13 Pantai dengan Pasir Pantainya yang Berwarna-warni

Di seluruh bagian di bumi ini menyimpan berbagai sisi menarik yang antara satu dengan lainnya tidak sama. Salah satu contohnya adalah keindahan pantainya yang memiliki warna khusus. Warna khusus di sini maksudnya adalah ada beberapa pantai yang memang pasir pantainya memiliki warna dan menjadi ciri khas dari tempat tersebut.

Mulai dari ungu muda, merah muda, merah, hijau, hitam, oranye sampai dengan putih, dapat Anda temui jika mau berkunjung ke pantai-pantai berikut yang menakjubkan tersebut. Berikut ini adalah daftar pantai dengan pasir pantainya yang memiliki warna khusus di seluruh dunia.

1. Merah

Santorini tidak hanya dikenal sebagai salah satu tempat paling indah dan romantis di dunia, tempat ini juga memiliki pantai yang eksotis bernama Red Beach. Sesuai dengan namanya, di pantai satu ini, pasir pantainya berwarna merah. Ternyata, selain di Red Beach, Santorini, ada juga pantai dengan pasir pantai berwarna merah yang berada di Kauihalulu, Maui, Hawaii.

merah

Pantai dengan pasir berwarna merah [image source]

Warna merah di Pantai Kauhululu ini disebabkan oleh abu vukanis yang berada di sekeliling pantai dan menyebabkan pasir pantai di sekitar tempat tersebut menjadi merah. Tidak hanya di dua tempat itu saja, di Pulau Prince Edward, Australia juga ada pantai yang bernama Red Sand Beach dengan pasir pantainya yang berwarna merah.

2. Hijau

Papakolea Beach atau biasa disebut dengan Green Beach ini adalah pantai yang terletak di sebelah selatan Hawaii atau tepatnya di distrik Kau. Pantai tersebut memiliki pasir pantai berwarna hijau.

pantai-hijau

Salah satu pantai dengan pasir berwarna hijau [image source]

Pasir ini terbentuk disebabkan oleh kristal olivine yang berasal dari batuan lava di Pu’u Mahana di Mahana Bay. Selain di Papakolea, ada juga satu pantai di Amerika Serikat dengan pasir pantainya yang berwarna hijau yaitu Guam Talofofo Beach.

3. Oranye

Jika Anda berkunjung ke Sardinia, Italia, maka akan menjumpai pantai yang jika dilihat dari kejauhan akan berwarna oranye. Warna oranye yang menyelimuti daerah tersebut disebabkan oleh batu gamping, pecahan kerang dan deposit vulkanis di sekitarnya.

oranye

Pasir pantai berwarna oranye [image source]

Selain itu, ada satu pantai lain yang sama bernama Ramla Bay. Tempat ini terletak di kepulauan Gozo, Malta. Tidak hanya pantainya saja yang dapat Anda nikmati keindahannya, Anda juga dapat menemui benyak sekali bangunan peninggalan bangsa Romawi kuno di sekitar tempat tersebut.

4. Merah Muda

Jika Anda ingin mengunjungi pantai dengan pasirnya yang berwarna merah muda atau pink, maka datang saja ke Horshoe Bay. Di pantai yang terletak di Southampton, Kepulauan Bermuda ini menawarkan keindahan pantai serta pasir pinknya yang terhampar bermil-mil jauhnya. Pasir pink yang ada di daerah tersebut disebabkan oleh campuran pecahan kerang, koral dan kalsium karbonat.

pink

Pasir di pantai berwarna pink [image source]

Tidak hanya di Horsheo Bay saja, pasir pantai berwarna pink ini juga dapat Anda lihat di pulau Harbour, Bahamas atau yang terletak di Pulau La Digue, Seychelles bernama Pink Sand Beach. Ternyata, tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, di Indonesia sendiri juga memiliki pantai berwarna merah muda yang dinamakan Pink Beach atau Pantai Tangsi. Pantai satu ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Timur. Warna merah muda di Pink Beach ini disebabkan oleh percampuran pasir pantai putih dan koral merah yang sangat kecil dan berjumlah triliunan.

5. Ungu

ungu

Pantai ini mempunyai pasir berwarna ungu [image source]

Untuk menemukan pantai dengan pasirnya yang berwarna violet atau ungu, maka Anda dapat datang ke Big Sur, California. Warna dari pasir pantai yang bernama Pfeiffer Beach ini merupakan percampuran dari deposit kwarsa dan mangaan yang berasal dari luruhan dinding bukit di sekitar tempat tersebut.

6. Cokelat

cokelat

Pantai dengan pasir berwarna cokelat [image source]

Rockaway Beach adalah pantai dengan pasir berwarna cokelat. Pantai satu ini terletak beberapa mil dari San Fransisco atau tepatnya di selatan Pacifia, California. Dikarenakan warnanya itu, maka ada yang menyebutnya dengan sebutan Pantai Cokelat.

7. Kuning

kuning

Pasir pantai ini berwarna kuning [image source]

Hawaii memang menyimpan sejuta keindahan di dalamnya, ada satu pantai dengan pasir pantai berwarna kuning yaitu Papohaku Beach Park di kepulauan Molokai. Walaupun menarik dan eksotis, pantai satu ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Ketika matahari terbenam, warna cahaya matahari dan warna pasir pantainya akan terpendam dan memperlihatkan perpaduan yang sangat menakjubkan.

8. Biru/indigo

indigo

Wow, pantai dengan pasir biru/indigo [image source]

Sebenarnya jika Anda ke tempat yang dinamakan Pulau Vaadhoo di Maldives ini tidak akan menjumpai pasir pantai berwarna biru. Tetapi jika dilihat dari kejauhan atau dari ketinggian tertentu pada malam hari, pantai di pulau ini akan terlihat sangat biru. Hal tersebut dikarenakan pancaran dari jutaan phytoplankton yang ada di sekitar pulau.  Phytoplankton ini memunculkan cahaya bioluminescence yang sangat spektakular ketika tidak ada cahaya lain di sekitarnya.

9. Hitam

New Zealand atau Selandia Baru tidak hanya dikenal dengan domba wool dan pemandangan alamnya yang indah saja. Di tempat ini juga memiliki pantai unik dengan pasirnya yang berwarna hitam legam, yang dinamakan Muriwai Black Sand Beach yang terletak di Auckland. Pasir pantai yang berwarna hitam legam itu disebabkan oleh percampuran biji besi, titanium dan beberapa material vulkanis lainnya.

hitam

Salah satu pantai dengan pasir berwarna hitam [image source]

Selain di New Zealand, di Pahala, Hawaii juga terdapat pantai dengan pasir hitam legam bernama Black Sand Beach atau dikenal juga dengan nama Punalu’u Beach. Warna pasir ini disebabkan oleh kandungan basal dari gunung vulkanis di sekitar tempat tersebut. Pantai dengan pasir berwarna gelap lainnya berada di Myrdal, Islandia yang juga disebabkan oleh basal.

Ada lagi satu pantai dengan pasirnya yang berwarna hitam legam, yaitu Black Sand Beach yang berada di Fuerteventura, Canary Islands, Spanyol. Banyak orang yang datang ke sini karena memang pemandangan alam pantainya yang indah berpadu dengan gua di sekitar serta pasirnya yang berwarna hitam menjadikannya sangat eksotis.

10. Abu-abu

abu-abu

Pasir pantai berwarna abu-abu [image source]

Tidak hanya pantai dengan pasir berwarna ungu saja, pantai dengan pasirnya yang berwarna abu-abu juga ada di California. Tepatnya terletak Shelter Cove, Humboldt County, pantai dengan pasir berwarna abu-abu dapat Anda temui dengan mudah. Pasir pantai berwarna abu-abu ini berasal dari erosi dinding karang yang terjadi selama bertahun-tahun.

11. Putih

Mungkin sudah banyak pantai dengan pasirnya yang berwarna putih, bahkan tidak sedikit pantai di Indonesia yang memiliki karakteristik sama. Akan tetapi pantai di Australia bernama Hyams Beach, New South Wales, Australia ini merupakan  pantai dengan pasirnya yang amat sangat putih.

putih

Pasir pantainya berwarna putih [image source]

Bahkan pantai ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai pantai dengan pasir pantai paling putih di seluruh dunia. Warna putih tersebut berasal dari partikel-partikel kwarsa yang berjumlah triliunan dan berukuran kecil menumpuk menjadi satu di tempat tersebut.

12. Pelangi

pelangi

Pantai yang berpasir seperti warna pelangi [image source]

Jika bosan dengan satu warna saja, tidak ada salahnya bagi Anda untuk datang ke Queensland, Australia, untuk melihat pantai dengan pasirnya yang berwarna layaknya pelangi. Ada sekitar 72 warna yang berbeda dapat Anda temukan dan lihat di pantai ini. Bahkan beberapa karang dan tebing di sekitar pantai yang dinamakan Rainbow Beach ini juga memiliki warna yang berbeda.

13. Transparan

Sebenarnya bukan kata yang tepat untuk menggambarkan pasir pantai yang terletak di Kauai, Hawaii ini dengan kata transparan. Akan tetapi, pasir pantainya yang terlihat seperti pecahan gelas berukuran kecil, tersebar di seluruh bibir pantai yang dinamakan Glass Beach ini.

transparan

Pasir pantai ini berwarna-warni [image source]

Pasir pantai bening ini merupakan campuran dari karang dan material transparan yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu dan berasal dari dalam laut yang kemudian terseret ke permukaan. Tidak dianjurkan bagi siapapun untuk berenang-renang di pantai ini.

Tertarik mengunjungi salah satu dari pantai-pantai berwarna di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *