11 Tempat Wisata di Tegal Yang Akan Membuatmu Takjub

Tegal adalah nama daerah di Provinsi di Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten Brebes di sebelah barat dan kabupaten Pemalang di timur. Wilayahnya sendiri terbagi menjadi dua administrasi yaitu kabupaten dan kota. Bagi yang suka traveling lewat Jalur Pantai Utara Jawa atau Pantura tentu tidak asing mendengar nama daerah ini.

Nama Tegal mengingatkan kita pada sebutan warung makanan yaitu Warung Tegal alias Warteg. Selain itu daerah ini juga terkenal karena memiliki dialek bahasa yang unik, jauh berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya. Tapi jangan salah, disamping terkenal dengan dua hal tersebut, Tegal juga memiliki banyak tempat wisata keren yang akan membuatmu takjub. Mau tahu destinasi apa saja yang bisa disambangi di Tegal? Yuk ikuti Indonesia Flight mengekplorasi wilayahnya.

1. Berendam di Pemandian Air Panas Guci, Selain Refreshing Tubuh Menjadi Sehat

Pemandian Air Panas Guci adalah destinasi wisata paling populer di kabupaten Tegal. Letaknya berada di kaki Gunung Slamet yang menyediakan udara sejuk pegunungan serta air hangat alami dari perut bumi. Sumber air panas yang berasal dari gunung api ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menyehatkan badan. Oleh sebab itu kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun daerah sekitar Tegal.

guci

Pemandian Air Panas Guci, image source

Menuju ke Pemandian Air Panas Guci tidaklah sulit. Traveler hanya perlu berkendara menuju desa Guci, kecamatan Bumijaya, kabupaten Tegal yang berjarak 40 kilometer ke arah selatan dari pusat kota. Obyek wisata ini telah memiliki fasilitas lengkap dari penginapan kelas melati hingga berbintang, lapangan olahraga, bumi perkemahan dan segudang kegiatan rekreasi seru lainnya.

2. Curug Kembar, Air Terjun Cantik di Sekitar Obyek Wisata Guci

Selain memiliki kolam pemandian, Obyek Wisata Guci juga memiliki banyak air terjun yang biasa disebut dengan curug. Salah satunya adalah Curug Kembar, sebuah air terjun yang namanya diberikan warga lantaran terdapat dua air terjun yang saling berdekatan. Letak curug ini lumayan dekat dengan Guciku Hot Waterboom atau tepat berada di sebelah Villa Syariah, masuk dalam Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

curug-kembar

Curug Kembar, via instagram

Curug Kembar tidak terlalu tinggi hanya sekitar 5 meter saja namun aliran airnya sangat deras dan jernih. Uniknya air yang mengalir dari curug ini rasanya hangat jadi tak perlu takut kedinginan jika mau main air di kolamnya pada pagi hari. Tahu sendiri kan kawasan di sekitar Guci begitu dingin karena letaknya di kaki gunung.

3. Pantai Alam Indah di Dekat Pusat Kota Tegal Cocok Untuk Kamu Jadikan Spot Berburu Sunset

Sebelah utara Tegal berbatasan dengan Laut Jawa sehingga daerah ini punya banyak pantai yang bisa digunakan untuk refreshing. Dari sekian pantai yang ada Indonesia Flight paling merekomendasikan Pantai Alam Indah untuk dikunjungi. Pantai ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal serta tidak jauh dari jalur Pantura sehingga kendaraan apapun bisa mengakses pantai ini hingga ke tepi.

pantai-alam

Jembatan Kayu Pantai Alam Indah, Tegal, via instagram

Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang mempesona. Tak heran jika pantai ini menjadi jujugan traveler yang hobi berburu fotografi dengan suasana matahari tenggelam. Selain itu ada pula berbagai pilihan kegiatan yang bisa dipilih untuk menikmati alam pantai yang indah ini, seperti berkeliling pantai dengan perahu, berenang di tepian, berkuda, bermain di waterboom dan masih banyak lagi. Pastikan juga kamu mengambil gambar di dermaga kayu yang menjorok ke lautan, dijamin fotomu bakal kece.

4. Waduk Cacaban, Alternatif Pilihan Traveling di Air Selain Pantai yang Ada di Tegal

Selain pantai Tegal juga menyediakan pilihan obyek wisata yang berhubungan dengan air berupa waduk. Adalah Waduk Cacaban yang terletak di daerah Pangkah, kecamatan Slawi, kabupaten Tegal yang bisa traveler kunjungi untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Di waduk ini traveler akan dihibur dengan pemandangan damai di sekitar waduk yang konon telah dibangun sejak kolonial Belanda.

waduk-cacaban

Waduk Cacaban, via instagram

Kawasan di sekeliling waduk pun tak kalah mempesona dengan hadirnya banyak rerimbunan pepohonan serta pemandangan Gunung Semar dan aktivitas penduduk sekitar yang kadang-kadang terlihat sedang memandikan kerbau. Fasilitas di Waduk Cacaban ini terbilang lengkap. Di kawasan wisata ini telah dibangun musholla, toilet, tempat parkir, bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, Bukit Mbah Santi, warung apung, road race, hotel melati, dan rumah makan.

5. Curug Luhur, Tempat Wisata Asyik Untuk Bermain Air

Pada umumnya air terjun memiliki kolam di bawahnya. Ukuran kolam itu bervariasi dan kebanyakan cukup dalam sehingga tidak semua traveler bisa menikmatinya. Lain halnya dengan Curug Luhur di Tegal ini. Kolamnya tidak terlalu dalam sehingga siapa saja bisa bermain air di bawah air terjun setinggi 25 meter ini.

curug-luhur

Curug Luhur, via instagram

Curug Luhur terletak di antara Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Air terjun ini berada di ketinggian 1000 mdpl sehingga siapa saja yang datang ke lokasi akan langsung disambut dengan hawa sejuk. Tempat ini masih jarang dikunjungi traveler jadi cukup nyaman untuk menepi. Ada dua rute menuju ke Curug Luhur, pertama melalui jalur Sokasari dengan start dari pasar Bumijaya dan rute kedua start dari Dukuhgandu tepatnya di pertigaan Tuwel.

6. Curug Penganten Yang Tak Kalah Eksotis

Jangan buru-buru pulang, setelah dari Curug Luhur lanjut saja perjalananmu dengan trekking berjalan kaki sejauh 500 meter ke arah atas aliran sungai. Traveler akan berjumpa dengan dua buah air terjun yang bersandingan dan dinamakan Curug Penganten. Curug ini mendapatkan pasokan air dari aliran sungai Gung dan memiliki ketinggian 10-14 meter. Salah satu curugnya memiliki debit yang lebih besar.

curug-penganten

Curug Penganten, via instagram

Curug Penganten terletak di Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Lokasi curug ini tersembunyi di balik bukit sehingga belum banyak diketahui oleh traveler kecuali warga sekitar. Mereka yang datang biasanya selalu menyempatkan bermain air atau mandi di kolam yang ada di bawah curug.

7. Curug Sentul Cawitali Air Terjun Yang Masih Alami

Masih ada satu curug keren lainnya yang wajib traveler sambangi yaitu curug Sentul Cawitali. Secara administratif curug ini berada di wilayah Dusun Lemah Abang, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug ini masih perawan dan belum banyak diketahui orang, hanya warga sekitar yang menggunakannya sebagai spot memancing ikan.

curug-sentul

Curug Sentul Cawitali, via instagram

Dinding tebing curug yang terjal setinggi 20 meter ini juga sering digunakan komunitas pecinta alam untuk latihan repelling. Bagi traveler lain bisa datang ke curug ini dengan terlebih dulu memarkir sepeda di Dusun Lemah Abang, kemudian lanjut jalan kaki melewati persawahan warga dan makam desa. Traveler tidak disarankan untuk bermain air tepat di bawah curug sebab banyak kerikil besar yang terbawa arus dan jatuh ke bawah.

8. Rita Park, Taman Bermain Modern yang Keren

Di Kota Tegal ada taman bermain yang masih tergolong baru yang wajib dikunjungi yaitu Rita Park. Taman bermain yang beralamat di Jl. Kol. Sugiono No.155 ini baru diresmikan pada tahun 2013 silam. Lokasinya keberadaannya masih satu kompleks dengan Rita Supermall sehingga cukup mudah ditemukan.

rita-park

Rita Park, via instagram

Taman bermain ini menawarkan 21 jenis wahana permainan yang seru. Layaknya “Dufan Mini” Rita Park siap mengakomodir segala kebutuhan rekreasi anak-anak hingga orang dewasa. Taman bermain ini menerapkan tiket masuk dan menaiki wahana secara terpisah. Bagi yang tertarik dapat berkunjung ke Rita Park pada jam operasional yaitu setiap hari mulai pukul 09:30 – 21:00 WIB.

9. Danau Beko, Bekas Tambang Batu Kapur yang Jadi Tempat Hits Untuk Foto

Destinasi berikut ini sebenarnya bukan tempat wisata tapi karena lanskapnya yang keren untuk foto lambat laun banyak traveler yang datang ke lokasi. Tempat ini adalah kawasan bekas tambang batu kapur di Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Cerukan-cerukan bekas aktivitas tambang tersebut kemudian terisi oleh air hujan dan menjadi danau buatan dengan warna air yang hijau.

danau-beko

Danau Beko, via instagram

Danau yang tercipta dari cerukan bekas tambang tersebut diberi nama Danau Beko. Setidaknya ada lima danau di kawasan tersebut dengan ukuran yang berbeda-beda. Sejak foto-foto danau ini tersebar di internet makin banyak traveler yang berkunjung hingga akhirnya kini danau Beko menjadi salah satu tempat hits di Tegal. Sebaiknya datang ke danau ini pada pagi atau sore hari, sebab di sekitar danau tidak ada tempat berteduh sehingga jika datang di siang bolong bakal panas sekali.

10. Situs Purbakala Semedo, Sangirannya Tegal

Tegal juga memiliki situs purbakala yang diberi nama Situs Purbakala Semedo. Situs ini berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal atau 23,8 km dari pusat Kota Slawi, Kabupaten Tegal. Meski ukurannya tidak besar namun situs ini memiliki koleksi yang lengkap. Sampai-sampai situs ini dijuluki sebagai Sangirannya Tegal.

semedo

Situs Purbakala Semedo, via instagram

Puas berkeliling pesona alam Tegal, lanjutkan mampir ke Situs Purbakala Semedo. Beberapa koleksi fosil yang bisa dijumpai disana antara lain fosil gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan banteng. Selain itu ada pula tengkorak Homo Erectus dan peninggalannya, seperti kapak penetal, serpih, serut. Cukup lengkap kan koleksiya?

11. Batu Ancik, Spot Gunung yang Menarik dan Lagi Hits

Tempat terakhir ini berada di kawasan gunung dan tengah “anget-angetnya” jadi destinasi traveling anak muda lantaran punya pemandangan yang kece. Adalah Batu Ancik atau Bukit Batu Pengancikan Pagerwangi. Ini merupakan bukit berbatu yang penuh dengan ilalang serta menawarkan pemandangan cantik dari area persawahan dan Gunung Slamet.

batu-ancik

Batu Ancik, via instagram

Batu Ancik biasanya menjadi spot sunrise maupun sunset pagi para petualang. Tinggi bukit ini sekitar 384 mdpl sehingga cukup rama untuk dikunjungi traveler yang tidak punya pengalaman trekking sekalipun. Kalau mau mendapatkan foto-foto kece yang tengah hits di Tegal, wajib hukumnya datang ke Batu Ancik di Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang.

Yuk bantu Indonesia Flight melengkapi destinasi keren di Tegal. Kamu yang masih punya rekomendasi tempat lainnya langsung saja tuliskan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *