Tetap Waspada, Ternyata Menyimpan Barang di Brankas Hotel Belum Tentu Aman

Saat melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat, keamanan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Tak hanya menjaga keamanan diri sendiri dari orang asing, menjaga keamanan barang bawaan juga tak boleh diabaikan begitu saja. Meski pada nyatanya tak ada benda berharga di dalam tas atau koper, kadang masih ada saja oknum yang berniat jahat dan ingin mencuri bawaan Anda. Hal ini akan jadi lebih merepotkan karena Anda tak bisa dengan mudah meminta bantuan siapapun saat berada di daerah yang asing.

Nah, ternyata hal menyeramkan semacam ini tak hanya mengintai saat Anda berada dalam perjalanan. Ketika sudah tiba di hotel pun, Anda masih harus berhati-hati karena ada banyak celah yang bisa dimasukin para pencuri, salah satunya melalui brankas hotel. Umumnya setiap hotel menyediakan brankas di dalam ruangan yang berfungsi untuk menyimpan benda berharga seperti uang atau perhiasa. Hal ini dilakukan karena pihak hotel tak ingin disalahkan apabila ada laporan kehilangan, terutama karena petugas kebersihan pasti masuk ke dalam ruangan kamar setiap harinya.

Sayangnya, brankas yang dianggap aman ini ternyata malah berbahaya. Sebuah video yang diunggah oleh seseorang bernama Brad Reid menunjukkan bahwa sangat mudah sekali membuka brankas dengan kode lain. Ini sekaligus menjadi pengingat bahwa brankas hotel tidak sepenuhnya aman. Yuk, simak bukti apa saja yang diperoleh Brad Reid mengenai brankas di hotel tempatnya menginap:

1. Brankas bisa dibuka dengan mudah

Suatu hari, Brad Reid menginap di sebuah hotel yang terletak di Markham, Ontario, Kanada. Seperti hotel pada umumnya, ia tidak melihat ada suatu kejanggalan. Di dalam kamarnya pun dilengkapi dengan peralatan keamanan standar termasuk sebuah brankas kecil berwarna putih. Brad pun meninggalkan beberapa benda berharganya di dalam brankas tersebut dan keluar hotel untuk berjalan-jalan.

brankas-bisa-dibuka-dengan-mudah-via-nellykellys-com_

Brankas bisa dibuka dengan mudah [image source]

Saat ingin mengambil kembali barangnya, Brad lupa kombinasi angka yang ia gunakan untuk passwordnya. Ia pun memutuskan meminta bantuan petugas hotel untuk membuka brankas tersebut. Dan alangkah terkejutnya ia, brankas tersebut bisa dibuka dengan mudah. Apa hal ini menunjukkan petugas hotel memberikan pelayanan yang sigap? Tahan dulu jawaban Anda sampai melihat fakta berikutnya.

2. Brankas terbuka dengan kode default

Saat Brad Reid meminta bantuan petugas hotel untuk membuka brankas, ia hanya diberikan sederetan angka untuk membuka brankas tersebut. Dan alangkan terkejutnya Brad sebab angka yang diberikan adalah 000000, yang mana merupakan kode default dari brankas tersebut. Dengan kata lain, kode tersebut merupakan password bawaan saat pertama kali membeli password dan pihak hotel tidak mengubahnya sama sekali.

brankas-terbuka-dengan-kode-default-via-newsapi-com_-au_

Brankas bisa dibuka dengan mudah dengan kode default [image source]

Saat itulah Brad menyadari bahwa brankas yang ada di hotel tersebut sama sekali tidak aman. Siapapun bisa membuka brankas dengan mudahnya karena umumnya semua orang mengetahui kode default brankas. Brad lalu memutuskan untuk merekam hal tersebut dalam video dan mengunggahnya ke YouTube.

Dalam video tersebut, tampak Brad memasukkan kode 123456 untuk mengunci brankasnya. Kemudian dia memasukkan kode yang sama untuk membuka brankas. Setelah itu, ia memasukkan lagi kode 123456 dan brankas pun terkunci. Ia kemudian memasukkan angka 000000 dan sekali lagi brankas bisa terbuka dengan mudah.

Hal ini tentu mengejutkan, dan banyak YouTuber yang menyayangkan hal tersebut. Lalu bagaimana sebaiknya menjaga keamanan benda berharga saat di hotel? Simak informasi berikut:

3. Tinggalkan pesan di pintu

Setiap ruangan hotel selalu menyediakan pesan bertuliskan Do Not Disturb untuk digantungkan pada bagian luar pintu. Pesan ini menandakan bahwa penghuni kamar tidak ingin diganggu, termasuk oleh layanan cleaning service yang biasanya bertugas menjelang jam makan siang.

Tinggalkan pesan di pintu [via huffpost.com]

Tinggalkan pesan di pintu [via huffpost.com]

Memasang tanda ini di pintu akan membuat orang berpikir bahwa ada orang di dalam ruangan. Hal ini tentu mencegah orang yang memiliki niat jahat dan ingin masuk ke dalam kamar Anda. Trik sederhana yang cukup ampuh untuk dicoba.

4. Bawa selalu barang berharga

Cara yang lebih aman untuk menjaga barang berharga Anda adalah dengan membawanya serta saat bepergian. Untuk uang dan kartu ATM atau kartu kredit, bisa diletakkan di dalam dompet kemudian masukkan di saku baju bagian dalam.

bawa-selalu-barang-berharga-via-eaglecreek-com_

Bawa selalu barang berharga [image source]

Sedangkan untuk perhiasan dan barang berharga yang berukuran lebih besar, Anda bisa memasukkannya ke dalam tas yang dibawa ke manapun Anda pergi. Tidak disarankan memakai perhiasan saat bepergian terutama di tempat  yang ramai dan penuh sesak.

5. Sembunyikan di tempat yang tak terduga

Kalau tidak memungkinkan untuk membawa serta barang berharga saat bepergian, maka cobalah untuk menyembunyikannya di tempat tak terduga di dalam kamar hotel. Hindari menyimpannya di laci atau lemari yang tentu menjadi sasaran utama pra pencuri. Tidak disarankan pula menyimpan di bawah bantal atau kasur karena tempat persembunyian ini sudah banyak diketahui.

sembunyikan-di-tempat-yang-tak-terduga-via-media-galaxant-com_

Sembunyikan di tempat yang tak terduga [via media.galaxant.com]

Cobalah menyimpan benda berharga di dalam kulkas, dengan menyamarkannya di balik makanan dan minuman. Atau simpan di dalam kamar mandi, berdekatan dengan peralatan mandi seperti sabun dan sampo.

Nah, cara tersebut akan membuat Anda lebih tenang dan aman saat melakukan perjalanan. Tetap waspada, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *