Snorkeling Seru di Alam Bawah Laut Jawa Timur

Kata siapa snorkeling harus di Raja Ampat atau pantai-pantai di Bali? Nggak perlu sampai sejauh itu kok, apalagi sampai keluar dari wilayah Pulau Jawa. Karena sebenarnya ada banyak sekali tempat snorkeling di Jawa yang menyuguhkan pemandangan bawah laut cantik.

Di Jawa Timur saja nggak cuma satu atau dua titik, tapi banyak sekali pilihan dengan panorama dan keindahan masing-masing yang mengagumkan. Kali ini Indonesia Flight akan mengajak kamu untuk mengintip lebih dekat pada beberapa lokasi di Jawa Timur yang bisa digunakan untuk snorkeling. Biar nggak makin penasaran, simak informasi berikut ini ya.

1. Pantai Wedi Ireng

Jawa Timur adalah provinsi yang berada di ujung Pulau Jawa, tentu saja memiliki banyak sekali pantai yang keren. Bahkan beberapa di antaranya belum terjamah dan masih alami.  Begitu juga dengan biota laut yang ada di dekat pantai, keindahannya benar-benar mumpuni dan nggak kalah dari tempat-tempat terkenal lainnya. Sebut saja Pantai Wedi Ireng yang ada di Banyuwangi.

pantai-wedi-ireng

Pantai Wedi Ireng [image source]

Tepatnya berada di wilayah  Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk sampai di tempat ini kamu harus menempuh perjalanan sejauh 65 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi menuju arah selatan.  Karena tidak banyak orang yang datang, kebersihan dan suasana tenang masih terjaga. Kadang kamu bisa merasa bagai berada di pantai milik pribadi.  Air laut Pantai Wedi Ireng cukup jernih sehingga kamu bisa menerawang sampai ke dasar.

2. Gili Labak

Gili Labak mungkin akan mengingatkanmu pada tempat lain dengan nama yang hampir mirip yaitu Gili Trawangan. Dua-duanya adalah pulau dengan sejuta pesona hanya saja letaknya berbeda dan cukup berjauhan. Gili Labak terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Soal keindahan, Gili Labak punya semuanya. Terutama dalam hal lautan.

gili-labak

Gili Labak [image source]

Tempat yang secara administratif berada di  wilayah Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tersebut menyimpan banyak sekali biota laut. Kamu bisa menyewa peralatan untuk senorkeling dan membuktikan sendiri bagaimana alam bawah laut di Gili Labak.

3. Pantai 3 Warna

Dari Madura kita menuju Malang, Kota Apel ini juga punya banyak pantai dengan panorama yang indah. Beberapa di antaranya  bisa digunakan untuk snorkeling. Usaha konservasi dan perlindungan terhadap aset alam berupa Pantai 3 Warna mulai membuahkan hasil. Saat ini terumbu karang di sana mulai menampakkan kecantikan. Kamu bisa menikmati pantai  atau snorkeling mengintip biota laut di kedalaman air laut.

pantai-3-warna

Pantai 3 Warna [image source]

Pantai 3 warna terletak di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Kabupaten Malang. Karena memungkinkan bagi wisatawan untuk snorkeling, pantai selalu memiliki pengunjung. Tapi tenang saja, karena jumlah wisatawan yang boleh datang setiap harinya dibatasi demi melindungi terumbu karang dan kebersihan pantai. Oleh karena itu,  kamu diharuskan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

4. Pantai Bangsring

Terumbu karang dan biota laut lain seperti ikan berbagai bentuk ukuran dan warna mungkin akan jadi pemandangan langka yang hanya bisa kamu temukan di tempat-tempat tertentu saja. Tak semua pantai memiliki kekayaan seperti itu. Beruntung bagi kamu yang pernah datang ke Raja Ampat atau Wakatobi, tapi jika belum jangan khawatir. Di Banyuwangi ada destinasi wisata bawah  laut yang nggak kalah keren. Buktikan sendiri dengan datang ke Pantai Bangsring.

pantai-bangsring

Pantai Bangsring [image source]

Pantai tersebut masuk dalam wilayah Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.  Jarak dari pusat Kota Bayuwangi mencapai 20 kilometer. Buat kamu yang ingin bertandang ke Pulau Tabuhan juga bisa berangkat dari Pantai Bangsring. Pengunjung juga tidak perlu berenang jauh. Karena sejauh 10 meter dari bibir pantai hamparan terumbu karang yang jadi rumah ribuan ikan akan langsung memanjakan matamu.

5. Pantai Bolu-bolu

Malang akan membuatmu bertualang dan menjelajah alam yang menawan. Dari puncak gunung hingga ke dalam lautan. Salah satu tempat yang menyuguhkan kecantikan alam bawah laut adalah Pantai Bolu-bolu yang terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tirto Yudo, Kabupaten Malang.

pantai-bolu-bolu

Pantai Bolu-bolu [image source]

Untuk ke pantai ini kamu bisa berangkat dari Pantai Lenggoksono. Kemudian menyewa perahu nelayan sekitar Rp 50. ribu dan peralatan Snorkeling dengan biaya Rp. 25 ribu. Nelayan setempat akan mengantarkanmu ke titik snorkeling. Kamu juga bisa pergi ke beberapa wisata lain seperti  Pantai Teluk Kletakan dan Pantai Banyu Anjlok.

6. Sumber Sirah

Jika sebelumnya yang diulas adalah tempat snorkeling yang ada di laut, kali ini adalah sebuah kolam alami dengan tumbuhan air tawar yang tumbuh dan mempercantik perairan. Snorkeling di tempat ini juga nggak kalah keren dari taman laut dengan sejuta biota yang ada di sana.

sumber-sirah

Sumber Sirah [image source]

Sebutan untuk destinasi ini adalah Sumber Sirah, yaitu sebuah sumber mata air dengan telaga luas yang bisa dipakai untuk berenang. Letaknya sendiri ada diJalan Sunan Drajat, Rt. 06, Rw.02, Sumberjaya, Gondanglegi, Malang. Agar tanaman air tidak rusak, kamu dilarang menginjaknya ya!

Itulah beberapa tujuan wisata snorkeling di Jawa Timur. Jika yang dekat saja sudah memberikan pesona keindahan yang nggak kalah keren, kenapa harus jauh-jauh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *