5 Jurus Anti Nyasar Saat Sedang Asyik Liburan

Apakah Anda pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan seperti tersasar sewaktu liburan? Pengalaman itu tentunya akan merusak momen liburan Anda, terutama jika kejadian itu telah menggagalkan rencana yang sudah Anda susun dari jauh-jauh hari. Wah, pastinya bakal menyesal sekali ya! Berbeda halnya ketika liburan yang Anda jalani telah diatur oleh orang lain, seperti pihak travel misalnya.

Dengan demikian, Anda pun tak perlu pusing memikirkan rute yang akan diambil untuk menuju destinasi wisata yang Anda inginkan. Namun, jika ternyata Anda harus mengatur sendiri rencana liburan tersebut, tanpa bantuan dari pihak lain. Tentu saja, itu harus direncanakan secara matang agar tidak mudah kesasar saat di perjalanan. Nah, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba. Yuk kita simak bersama!

1. Menyusun Dan Mematangkan Rencana Sebelum Berangkat

Hal ini harus menjadi SOP (Standard Operating Procedure) yang harus Anda patuhi selama liburan. Tak peduli apakah perjalanan Anda dekat atau pun jauh, SOP itu harus tetap Anda taati. Perencanaan yang sudah Anda susun secara matang tentunya dapat menghemat waktu, serta dapat membuat Anda menikmati perjalanan lebih lama. Hal ini juga dapat mencegah Anda dari tersesat di jalan, terutama ketika berlibur di tempat yang baru pertama kali didatangi.

analisis

Analisis [Image source]

Bagaimana cara melakukannya? Anda dapat mencari informasi tambahan dengan mengunjungi blog-blog traveling, situs perjalanan atau bahkan membaca buku-buku tentang tempat yang akan Anda datangi. Gunakan akses internet Anda secara maksimal, sehingga Anda tak mudah tersasar saat liburan. Dengan memperbanyak referensi tentang tempat yang akan Anda datangi, dijamin Anda tidak akan mudah tersesat apalagi tertipu.

2. Membawa Peta Atau GPS Devices

Ketika melakukan sebuah perjalanan, Anda harus tahu rute mana saja yang harus dilewati untuk sampai ke tujuan. Oleh karenanya, Anda bisa membeli sebuah peta atau jika itu tampaknya terlalu usang, Anda bisa mempertimbangkan perangkat GPS yang lebih modern.

pemandu

Membawa panduan [Image source]

Dengan demikian, Anda tidak akan mudah tersesat saat liburan. Dan sebaiknya pelajari rute yang akan dilewati terlebih dulu, sebelum Anda benar-benar melakukan perjalanan ke tempat yang dituju.

3. Meminta Arahan Pada Seseorang yang Tahu

Jika teman atau saudara Anda sudah pernah mengunjungi tempat yang akan Anda datangi, tak ada salahnya untuk bertanya kepada mereka. Anda bisa meminta arahan kepada mereka tentang rute mana saja yang harus Anda tempuh.

arahan

Mencari arahan [Image source]

Anda juga bisa bertanya mengenai budaya masyarakat setempat dan kondisi lingkungan di destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi. Dengan begitu, Anda tidak akan kaget apalagi bingung ketika sampai di tempat yang dituju.

4. Menjadi Seorang Observer yang Tajam

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur sendiri tanpa bantuan dari orang lain, Anda harus belajar untuk menjadi seorang observer yang tajam. Amatilah lingkungan yang Anda datangi dengan hati-hati!

observer

Observasi [image source]

Cara itu tidak hanya berguna untuk menjaga keamanan diri, tetapi juga untuk navigasi. Ketika Anda melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang asing, Anda harus pintar membaca semua tanda-tanda yang terpampang di depan Anda, sehingga Anda pun bisa mengetahui di mana posisi Anda saat itu. Dengan demikian, Anda pun tidak akan mudah tersasar.

5. Gunakan Memori Fotografi Anda

Anda tentu pernah melakukan perjalanan ke sebuah provinsi yang sama, tetapi kota yang berbeda. Ketika Anda menyadari telah melalui jalan itu sebelumnya, cobalah untuk mengingat semua tanda yang Anda lihat ketika Anda melalui jalan itu. Memori fotografi adalah salah satu keterampilan yang dapat membantu Anda untuk melalui sebuah perjalanan dengan nyaman dan lancar.

intuisi

Intuisi [Image source]

Jadi pada saat Anda bepergian, pastikan untuk menangkap beberapa tanda dan kemudian menyimpannya ke bank memori Anda. Hal ini bisa menyelamatkan Anda dari kejadian tidak menyenangkan seperti tersesat saat liburan.

Inilah lima tips sederhana yang bisa Anda terapkan saat liburan, sehingga Anda pun akhirnya tidak gampang tersasar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *