6 Pantai Paling TOP di Indonesia Menurut Wisatawan Mancanegara

Indonesia dengan slogan wisatanya Wonderful Indonesia memang telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara. Pelan tapi pasti sektor pariwisata dalam negeri mulai mampu bersaing dengan negara-negara Asia Tenggara khususnya Malaysia, Singapura dan Thailand dalam urusan menggaet traveler asing untuk datang berkunjung.

Di dalam situs traveling terkemuka Lonely Planet terungkap bahwa destinasi liburan turis di Indonesia ternyata berbeda dengan wisatawan lokal. Mereka lebih suka berkunjung ke pantai-pantai eksotis yang terkenal dengan budget tinggi untuk sekedar menuju ke lokasi. Mana saja pantai paling top di Indonesia menurut wisatawan asing? Ini dia daftarnya.

1. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan terkenal sebagai tujuan wisata eksklusif di Indonesia. Lokasinya yang masih sedikit sulit dijangkau membuat biaya menuju ke lokasi ini lebih mahal dibanding liburan ke luar negeri khususnya negara-negara tetangga. Meski demikian Derawan adalah potret surga tropis yang sempurna. Paduan antara pulau kecil dengan nyiur di pesisir pantai yang berpasir putih bersih serta perairan dangkal yang biru jernih bersampul langit biru merupakan kombinasi sempurna menciptakan surga dunia.

Kepulauan Derawan berada tidak jauh dari Kabupaten Berau di Kalimantan Timur. Kepulauan ini terdiri dari 31 pulau kecil, beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Banyak penyelam dari penjuru dunia yang telah menyelami perairan di Derawan dan mereka sangat setuju jika ini adalah salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Laut di kawasan Derawan adalah rumah bagi kura-kura hijau nan langka, seta aneka satwa laut yang beraneka ragam tersebar di 1,27 juta hektar perairannya.

derawan

Pulau Maratua di Kepulauan Derawan, via instagram

Beralih ke jumlah karangnya ada sekitar 460 jenis karang ditemukan di dalam laut Kepulauan Derawan yang menempatkannya sebagai terbanyak kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Satu lagi keajaiban Kepulauan Derawan yang jarang dimiliki negara lain yaitu adanya spesies ubur-ubur terbalik dan ubur-ubur tidak menyengat yang bisa traveler jumpai di Pulau Kakaban.

2. Tempat Wisata Raja Ampat, Papua Barat

Surga wisata bahari berikutnya berada di Kepulauan Raja Ampat. Lokasinya berada di bagian barat pulau Papua yang berbentuk kepala burung. Kawasan ini merupakan rangkaian dari empat gugusan pulau besar yang berdekatan, masing-masing bernama Pulau Waigeo, Pulau Misol, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Gugusan empat pulau yang memiliki surga bawah laut super keren ini masuk dalam wilayah administratif kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

misool

Misool, Raja Ampat, via instagram

Dalam beberapa tahun terakhir Raja Ampat menjadi sorotan dunia karena memiliki lokasi menyelam paling indah dengan keberagaman biota laut paling kaya di dunia. Tim ahli dari Conservation International sendiri pernah melakukan penelitian di dalam lautnya dan mencatat ada lebih dari 540 jenis karang keras atau 75% karang dunia bisa ditemukan di perairan Raja Ampat. Tidak hanya di dasar laut, Raja Ampat juga memukau di permukaannya lewat pulau-pulau karang kecil yang ada di tengah laut. Hanya satu kekurangan dari tempat ini yaitu aksesnya yang belum tergarap sempurna sehingga untuk menuju kesana traveler harus mengeluarkan dana yang cukup banyak.

3. Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

Pantai paling top di Indonesia menurut wisatawan asing berikutnya adalah pantai-pantai yang ada di kawasan Pulau Bunaken. Ini merupakan pulau seluas 8,08 km² yang menjadi bagian dari kota Madano, provinsi Sulawesi Utara. Di sinilah terdapat Taman Nasional Bunaken yang dikenal memiliki banyak titik penyelaman berkelas dunia. Pulau Bunaken menjadi satu dari beberapa tujuan diving yang paling di sukai penyelam dunia saat berada di Indonesia.

bunaken3

Taman Laut Bunaken, via instagram

Salah satu bagian dari Taman nasional Bunaken yang menjadi spot menyelam dikenal dengan nama Taman Laut Bunaken. Luasnya sekitar 75.265 hektare yang terbagi menjadi lima pulau utama yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Setidaknya ada 20 titik penyelaman dengan kedalaman hingga lebih dari 1 km. Yang pasti perairan Pulau Bunaken dikenal memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo memang belum begitu familiar dibanding pulau tetangganya yaitu Pulau Komodo. Tapi sebagian besar traveler yang sudah pernah ke Pulau Komodo pasti juga pernah singgah di pulau ini. Kebanyakan dari mereka akan bermain-main dulu di Labuan Bajo sebelum ke pulaunya naga purba raksasa. Ini adalah kota kecil yang dianugerahi permata alam yang sangat besar nilainya.

labuan-bajo

Labuan Bajo, via instagram

Labuan Bajo terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Ada dua destinasi yang paling terkenal di sana yaitu Bukit Cinta sebagai spot melihat sunrise dan Gua Batu Cermin yang menyimpan bukti bahwa Labuan Bajo dulunya berada di dasar laut. Namun bukan berarti keindahan pantainya tidak menarik karena inilah yang menjadi permata tersembunyi. Pantai di daerah ini masih sangat alami bahkan bisa dikatakan steril dari jejak kaki manusia. Airnya yang sangat jernih sangat pas untuk snorkeling mau pun diving. Di perairan dangkal traveler sudah bisa melihat lalu lalang ikan-ikan kecil yang sedang berenang. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang kagum dengan keindahan Labuan Bajo.

5. Kepulauan Banda, Maluku

Sesuai dengan namanya Kepulauan Banda adalah gugusan sepuluh pulau vulkanis yang terletak di tengah Laut Banda. Area kepulauan ini seluas 180 kilometer persegi yang termasuk di dalam kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku. Pulau terbesar di sana dan yang paling terkenal adalah Bandaneira. Kekayaan Kepulauan Banda terutama rempah-rempah sudah terendus sejak zaman dahulu. Bahkan bangsa China sudah berdagang di daerah ini sejak tahun 600-an masehi.

bandaneira

Bandaneira, via instagram

Kini selain dikenal sebagai penghasil rempah-rempah, Kepulauan Banda juga dikenal sebagai titik penyelaman terbaik di dunia. Perairan lautnya yang cukup hangat dan penuh keberagaman biota menjadikannya buruan penyelam dunia. Makin terkenalnya Kepulauan Banda sebagai spot menyelam yang keren membuat sektor wisata di kawasan ini berkembang pesat. Kini banyak operator tur yang membuka jasa penyewaan kapal dan peralatan selam.

6. Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Satu lagi pantai yang paling top menurut wisatawan asing, yaitu pantai-pantai di Pulau Rote, sebuah pulau besar di Kabupaten Rote Ndao. Jika dilihat di peta maka akan diketahui bahwa Pulau rote adalah salah satu pulau terluar Indonesia di bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Australia. Meski ukurannya tidak seberapa tapi traveler yang datang ke pulau ini tidak butuh waktu lama untuk menemukan segala keunikan dan keindahannya.

rote

Pulau Rote, via instagram

Selain dikenal karena alat musik tradisionalnya, Sasando yang pernah nangkring di pecahan uang kerta nominal Rp. 5 ribu, Pulau Rote juga dikenal sebagai surga surfing turis asing. Dua pantai yang menjadi jujugan mereka untuk berselancar adalah Pantai Bo’a dan Pantai Nrembala. Kedua pantai tersebut memang dikenal memiliki ombak yang besar dan menantang untuk ditakhlukkan. Selain itu masih banyak pantai keren yang tak kalah memukau para pelancong dunia.

Daftar pantai paling top di Indonesia menurut traveler mancanegara di atas tidak diurutkan berdasarkan yang terbaik, melainkan di tulis secara acak. Dalam daftar tersebut tidak ada satupun nama pantai di Bali, hal ini mungkin dikarenakan Bali sudah terlalu mainstream sedangkan destinasi yang ada di daftar di atas masih tergolong sangat eksklusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *