Lezat! Kulineran Kaki 5 di Bandung, Yuk!

Bandung terkenal sebagai salah satu kota yang menyuguhkan wisata kuliner terbaik. Tak hanya memiliki banyak mall, restoran, dan kafe yang selalu berinovasi dalam kreasi makanan, Bandung juga menjadi gudangnya street food alias kuliner kaki lima. Sepanjang jalan, Anda bisa dengan mudahnya menemukan aneka makana lezat yang dijajakan pedagang kaki lima dengan harga murah meriah.

Tak cuma makanan-makanan asli Bandung, para pedagang kaki lima ini juga menjual makanan dari daerah-daerah lain yang memiliki rasa senikmat di kota aslinya. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan liburan ke Kota Kembang ini, tak ada salahnya mengenali kuliner kali lima apa saja yang bisa ditemukan:

1. Kupat Tahu Gempol

kupat-tahu-gempol-via-instagram

Kupat Tahu Gempol [via Instagram]

Berlokasi di Pasar Gempol, Jln Gempol Kulon No. 53, Bandung yang tak jauh dari Jalan Dago dan Jalan Banda, kuliner satu ini sudah ada sejak tahun 1975. Bahkan saking melegendanya, Kupat tahu Gempol sudah memiliki 3 cabang lain di Kota Bandung yang terletak di Setiabudhi, Dago, dan Lapangan Gasibu. Kupat tahu ini menjadi salah satu menu sarapan favorit warga Bandung terlebih lagi karena hanya buka di pagi hari dari jam 05.30 sampai jam 10.00 pagi.

2. Sop Kaki M. Syam

sop-kaki-m-syam-via-instagram

Sop Kaki M. Syam [via Instagram]

Untuk penggemar makanan berlemak, wajib mampir ke Sop Kaki M. Syam yang terletak di Jalan Banceuy. Warung yang buka dari jam 17.30- 23.00 ini menyediakan menu sop dengan aneka isian seperti daging, jeroan, otak, lidah, tulang rawan, dan tentu saja kaki kambing. Kuah dari sop ini bikin ketagihan karena mengandung berbagai rempah yang cocok disantap di tengah hawa dingin kota Bandung. Untuk yang tidak doyan kambing tak usah khawatir, di tempat ini Anda juga bisa menyantap sop kaki sapi yang tak kalah enaknya.

3. Bubur Otong

bubur-otong-via-instagram

Bubur Otong [via Instagram]

Sejak tahun 1947, berdiri sebuah warung kecil di dekat Pasar Andir Bandung yang menjual bubur ayam super lezat. Setelah itu, kepemilikan berpindah pada generasi keduanya, yaitu Pak Otong, masih dengan menu yang sama, warung bubur yang buka dari jam 18.00 sampai jam 01.00 pagi ini tak pernah sepi pengunjung. Buburnya yang lembut dan gurih dengan potongan ayam melimpah menjadi alasan utama mengapa tempat ini selalu ramai didatangi.

4. Nasi Goreng Bistik Sapi AA

nasi-goreng-bistik-sapi-aa-via-instagram

Nasi Goreng Bistik Sapi AA [via Instagram]

Penggemar Chinese food pasti menyesal kalau tak mampir ke warung Nasi Goreng Bistik Sapi AA yang terletak di Jalan Astana Anyar 264, Bandun. Buka sejak pukul 6 sore, warung ini akan dipadati pengunjung hingga tengah malam. Menunya memang tergolong unik, yakni nasi goreng yang ditambahkan bistik sapi kemudian disiram dengan saus asam manis. Selain nasi goreng bistik sapi, Anda juga bisa mencoba berbagai menu lainnya seperti Nasi Cah Jamur, Nasi Puyunghai, Nasi Capcay, Nasi Kuluyuk, Nasi Goreng Bistik, Mie Goreng, Mie Kuah, Kwetiaw Goreng, dan Bihun Goreng.

5. Bebek Borromeus

bebek-borromeus-via-instagram

Bebek Borromeus [via Instagram]

Disebut bebek Borromeus karena warung ini terletak di seberang pintu selatan Rumah Sakit Borromeus, Jalan Hasanuddin 8, Bandung. Dengan menu utama bebek goreng yang empuk dengan bumbu gurih meresap hingga ke bagian dalam daging, tak heran jika warung ini selalu ramai setiap hari mulai pukul 5 sore dan kadang pukul 7 malam sudah tutup karena habis. Sambal dengan rasa menggoda melengkapi sajian bebek goreng di tempat ini yang dijamin membuat Anda makin ketagihan.

6. Gudeg Bu Ratna

gudeg-bu-ratna-via-instagram

Gudeg Bu Ratna [via Instagram]

Gudeg memang tidak berasal dari Bandung, tapi di kota ini ada warung gudeg yang sangat terkenal dan berdiri sejak tahun 1992. Warung Gudeg Bu Ratna hanya berbentuk tenda sederhana yang terletak di antara Jalan Pasir Kaliki dan Jalan Semar. Menu yang disajikan hampir sama dengan gudeg kebanyakan, yaitu sayur nangka muda, sambal krecek, baceman tahu, telur pindang, dan ayam kampung masak opor. Berkat rasa gudegnya yang luar biasa, sang pemilik telah berhasil membuka cabang di 14 lokasi berbeda di Bandung.

7. Ayam Bakar Madu Warung Cinta

ayam-bakar-madu-via-instagram

Ayam Bakar Madu [via Instagram]

Gurihnya daging ayam yang berpadu dengan manisnya madu kemudian disantap dengan nasi uduk yang gurih memang selalu membuat ketagihan. Menu satu ini bisa Anda dapatkan jika bersantap di warung tenda sederhana yang terletak di Jalan Rajiman Kota Bandung. Selain menu ayam bakar madu yang jadi favorit, Anda juga bisa menikmati kelezatan ati ampel, sate usus, pecel lele, dan kol goreng yang renyah. Tapi lebih jeli saat datang ke sini ya, karena ada beberapa warung tenda lain di sekitar Jalan Rajiman yang juga menjual nasi uduk dan ayam bakar.

8. Batagor Hanjuang

batagor-bandung-via-instagram

Batagor Bandung [via Instagram]

Nah, kalau yang satu ini memang merupakan kuliner asli Bandung yang sudah tersohor ke berbagai pelosok Indonesia. Ya, kelezatan bakso tahu goreng alias batagor ini memang selalu disukai semua kalangan, terutama saat berpadu harmonis dengan bumbu kacangnya yang mantap. Ada batagor yang layak Anda coba bernama batagor Hanjuang. Letaknya persis di depan Rumah Makan Anugrah, di Jalan Astina. Meski hanya berjualan di gerobak, batagor ini memiliki rasa ikan tenggiri yang kuat dan tak kalah dengan batagor ala restoran.

9. Soto Sulung Cilaki

soto-sulung-bandung-via-instagram

Soto Sulung Bandung [via Instagram]

Di Bandung juga ada kedai soto yang dikenal dengan nama Soto Sulung Cilaki. Mirip dengan soto khas Madura, soto Cilaki menggunakan bahan utama daging sapi dan jeroan dengan kuah berwarna kuning yang cukup kental. Dengan tambahan telur rebus dan sambal, soto ini pasti memuaskan lidah para pecinta kuliner!

10. Sate Anggrek

sate-anggrek-via-instagram

Sate Anggrek [via Instagram]

Kuliner kaki lima yang juga tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bandung. Warung sate yang terletak di Jalan Anggrek ini mudah ditemukan karena dari kejauhan Anda sudah bisa melihat asap pembakaran yang mengepul. Menunya terdiri dari sate ayam, sate sapi, sate kambing, dan juga sate telur. Meski harganya sangat terjangkau, namun satenya berukuran cukup besar sehingga memuaskan saat disantap.

Jangan lewatkan kuliner-kuliner tersebut saat berkunjung ke Bandung, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *