Menguak Potensi Wisata Pulau Duyung, Kepulauan Riau

Kepulauan Riau terdiri atas ratusan pulau besar dan kecil. Selain Batam dan kepulauan Anambas yang sudah terkenal, provinsi ini juga masih menyimpan sejuta potensi lain yang belum terekspos. Salah satunya adalah Pulau Duyung yang letaknya berada di kabupaten Lingga.

Pulau Duyung adalah wilayah desa yang baru berumur sekitar 2 tahun setelah sebelumnya menjadi bagian dari Desa Pulau Medang di kecamatan Senayang. Pulau ini mengalami pemekaran sejak tahun 2014 silam. Ukurannya yang tidak terlalu besar hanya dihuni oleh sekitar 117 kepala keluarga.

pulau-duyung

Pantai Pulau Duyung, via instagram

Mayoritas penduduk di Pulau Duyung ini berprofesi sebagai nelayan karena memang sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya pada hasil tangkapan ikan di perairan sekitar pulau. Tak heran jika secara bertahap pulau ini mulai dikembangkan sebagai kawasan minapolitan.

Pulau Duyung menyimpan kekayaan alam yang belum tersentuh wisatawan baik di darat hingga ke laut. Daratan pulau ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih yang bersih serta ombak yang landai. Hal tersebut masih ditambah lagi dengan masyarakatnya yang begitu ramah dengan kedatangan orang asing di wilayahnya.

pemukiman-pulau-duyung

Pemukiman di Pulau Duyung, via instagram

Sedangkan menilik ke dalam bawah lautnya, perairan Pulau Duyung masih perawan dengan gugusan terumbu karang yang tumbuh subur dan dihuni aneka ikan kecil. Perairan dangkalnya yang mempunyai air jernih bikin siapa saja ngiler untuk segera nyemplung ke dalam laut dan membaur dengan penghuni perairan Pulau Duyung.

Lebih menarik lagi mengenai pemberian nama pulau ini. Pemberian nama Pulau Duyung didasarkan pada legenda masyarakat setempat yang mengisahkan bahwa zaman dahulu ada batu besar di tengah laut yang berbentuk seperti ikan duyung. Dari sanalah kemudian warga menamai pulau ini dengan nama Pulau Duyung.

taman-laut-duyung

Pemandangan bawah laut Pulau Duyung, via instagram

Untuk menjangkau pulau ini traveler bisa melakukan start dari Pelabuhan Sri Bintan Pura yang ada di kota Tanjungpinang. Pelabuhan ini melayani penyeberangan antar pulau termasuk ke Pulau Duyung. Tarif penyeberangan ke pulau ini relatif mahal sekitar lebih dari seratus ribu rupiah, hal tersebut dikarenakan kapal menuju ke pulau ini tidak mendapat subsidi dari pemerintah. Berikut peta lokasi Pulau Duyung di Kepulauan Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *