Ini Lho Cara dapat Penginapan Gratis Selama Liburan, Backpacker Wajib Tahu!

Memikirkan soal liburan saja bisa membuat hati kita berdesir. Jadi fix ya bukan Cuma gebetan yang bikin seseorang itu mabuk kepayang, tapi juga tentang tempat dan rencana liburan. Apakah kamu juga begitu? Coba bayangkan Raja Ampat yang begitu eksotis. Bali yang kental dengan tradisi serta budayanya atau menelusuri jejak sejarah di kota tua Jakarta dan Semarang. Belum dilakoni saja sudah bisa membuat kita semangat dan senyum-senyum sendiri, apalagi jika kamu benar-benar bisa keliling Indonesia bahkan juga dunia suatu saat nanti. Tidak ada salahnya memiliki keinginan karena kita tidak akan pernah tahu seperti apa masa depan yang akan datang.

Liburan juga nggak harus menunggu kaya kok, kamu yang memiliki uang pas-pasan bisa mengaturnya sedemikian rupa agar kamu tetap bisa berlibur. Jika tidak ke luar negeri, minimal yang di berbagi penjuru Nusantara. Salah satu yang paling dikhawatirkan sudah pasti adalah penginapan. Bagi yang punya duit, bisa menyewa hotel atau resort. Nah bagi yang uangnya Cuma cukup buat makan dan transportasi bagaimana? Transport saja kadang mengandalkan tumpangan. Kamu nggak usah khawatir, selama kamu masih bisa mengusahakan agar bisa mendapatkan penginapan gratis kenapa enggak? Berikut ini cara-caranya.

1. Couch Surfing

couch-surfing

Couch Surfing [image source]

Bukan hanya kendaraan saja yang dapat kamu tumpangi, tapi rumah orang juga bisa. Jadi, kamu bisa melakukan perpindahan dari rumah ke rumah di tempat yang dekat dengan destinasi wisatamu. Kamu bisa mengandalkan rumah teman atau keluarga. Nah agar tidak memberatkan pemilik rumah, biasanya pelaku couch surfing bersedia berimprovisasi dan menggunakan ruang senggang seadanya tidak harus kamar misalnya saja tidur di lantai atau sofa. Soal waktunya, itu tergantung kesepakatan dengan pemilik rumah. Hal ini juga bermanfaat untuk mempererat hubungan persaudaraan atau pertemanan.

2. House Sitting

house-sitting

House Sitting [image source]

Cara ini memang kurang populer di Indonesia, namun nggak ada salahnya kamu mencoba kan? Maksud dari istilah house sitting adalah mendapatkan tempat menginap dengan memberikan timbal balik pada sang pemilik rumah. Misalnya saja kamu menawarkan jasa untuk menjaga rumah, sementara pemiliknya pergi ke suatu tempat. Daripada meninggalkan rumah dalam keadaan kosong yang sangat beresiko mengundang maling, maka mereka akan menerima tawaranmu dengan senang hati. Kamu bisa bermalam dengan nyaman bahkan Terkadang juga dapat berhemat soal makanan. Siangnya kamu bisa kelayapan dan malamnya tidur tanpa kedinginan.

3. Pertukaran Rumah

pertukaran-rumah

Pertukaran rumah [image source]

Ini adalah cara yang menarik untuk dilakukan tanpa kamu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menyewa. Layaknya simbiosis mutualisme, kamu bisa mengajak keluarga atau kenalan untuk bertukar rumah sementara waktu selama liburan. Kamu ke tempat mereka, dan mereka tinggal di rumahmu.

4. Tinggal di Rumah Saudara

tinggal-di-rumah-saudara

Tinggal di rumah saudara [image source]

Ini adalah yang paling mudah dilakukan, Terkadang kamu bukan hanya digratisin menginap saja tapi juga diperbolehkan makan sepuasnya. Namanya juga saudara sendiri. Alternatif ini juga tergolong aman untuk berbagai kalangan traveler, termasuk wanita. Kamu pasti tahu kan jika angka kejahatan terhadap wanita terus meningkat dan mengkhawatirkan. Akan lebih baik jika kamu menginap di tempat yang tepat. Karena kediaman saudara nyamannya bisa seperti rumah sendiri.

5. Asrama Komunitas

asrama-komunitas

Asrama komunitas [image source]

Biasanya di setiap kota terdapat komunitas-komunitas pelajar yang berasal dari luar daerah. Sebagian bahkan memiliki asrama sendiri. Termasuk juga di luar negeri, sebelum berangkat melakukan perjalanan wisata, sebaiknya kamu mencari tahu tentang komunitas orang-orang yang berasal dari daerahmu. Tanyakan pada mereka apakah kamu bisa mendapatkan tempat menginap gratis, syukur-syukur jika memang niatmu itu disambut dengan baik. Namun kalau tidak ya jangan kecewa. Tenang saja karena masih ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga acar memperoleh penginapan gratis.

Dari beberapa cara di atas mungkin ada sebagian yang mudah dilakukan dan yang lainnya sulit dilakukan. Namun, kamu tidak akan pernah tahu hasilnya jika tidak mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *