Tips Untuk Kamu yang Gak Bisa Berenang Tapi Tetap Bisa Menikmati Pantai dan Lautan

Kamu ngaku anak pantai, tapi nggak bisa berenang? Mungkin akan banyak yang heran dengan hal itu. Tapi jangan berkecil hati dulu, nggak ada aturan bahwa penikmat pantai dan lautan itu harus bisa berenang. Masih ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan untuk menikmati waktu liburanmu di pantai. Mungkin kamu memang tidak cukup berani untuk menyelam dan menyingkap kehidupan bawah laut secara langsung, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melihat ikan-ikan, hingga penyu yang berenang. Bahkan keindahan terumbu karang yang ditinggali oleh banyak jenis biota laut juga bisa kamu saksikan dengan mata kepala sendiri.

Jadi, jangan ragu untuk datang ke pantai. Indonesia adalah negara maritim dengan ribuan pantai keren. Sayang banget jika kamu tidak mengeksplornya secara maksimal. Rasakan hembusan anginnya dan sensasi melewati pasir pantai. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menikmati pantai dan laut untuk kamu yang nggak jago berenang.

1. Memancing

Yang kamu pancing di sini adalah ikan dan hasil laut lainnya, bukannya memancing masalah ya. Kamu nggak perlu bisa berenang kok untuk melempar umpan dan menunggu ada yang memangsanya, karena kamu bisa mengandalkan alat pancing, bukannya mengejar ikan dengan cara berenang. Tempatnya bisa di pinggir pantai, atau  ke tengah laut. Jadi, kamu bisa menyewa perahu nelayan setempat dan menuju lokasi yang dianggap banyak ikannya.

Memancing [image source]
Memancing [image source]

Berbagai faktor mempengaruhi keberhasilan memancing. Cuaca adalah hal yang paling harus diperhatikan, karena saat cuaca buruk seperti hujan atau badai, maka kegiatan memancing bukan pilihan yang tepat. Ada beberapa spot memancing yang terkenal di Indonesia. Mulai dari Pulau Weh, Pulau Mentawai, Kepulauan Riau, hingga Laut Banda dan Halamahera.

2. Parasailing

Parasailing atau paralayar adalah salah satu olahraga air yang sangat menarik dan menggoda siapapun untuk mencobanya. Meski jenisnya adalah olahraga air, tapi kamu tidak akan berenang atau menjelajahi apa yang ada di dalam laut, tapi terbang di angkasa. Ya, kamu akan diajak untuk menggunakan parasut khusus yang bisa terbang ke langit karena ditarik oleh sebuah kendaraan seperti speedboat. Bahkan saking populernya, parasailing ini juga banyak dilakukan di darat.

Parasailing [image source]
Parasailing [image source]

Tentunya agar parasut bisa terbang, ditarik dengan kendaraan darat. Kamu bisa datang ke Bali dan beberapa daerah lainnya agar bisa mencoba. Ada dua jenis olahraga parasailing. Yang pertama adalah single parasailing, di mana hanya satu orang yang ditarik. Selain itu, tempat terbang dan pendaratan terletak di pantai. Sedangkan yang kedua adalah adventure parasailing. Bukan hanya satu, tapi bisa membawa dua hingga tiga orang sekaligus. Tempat terbang dan mendarat tidak di pasir pantai, tapi di atas perahu.

3. Sea Walker

Ingin melihat ikan-ikan cantik dengan berbagai bentuk dan ukuran, tapi kamu tidak bisa berenang? Lupakan soal menyelam dengan segala peralatannya seperti tabung oksigen atau sepatu kataknya. Kamu bisa menyelami lautan tanpa itu semua. Caranya dengan melakukan seawalker, istilah tersebut digunakan untuk kegiatan berjalan-jalan di laut. Tentunya dengan bantuan alat seperti helm kedap air yang dihubungkan dengan selang oksigen.

Sea Walker [image source]
Sea Walker [image source]

Kedalaman maksimal yang pas untuk seawalker tidak lebih dari 6 meter, jadi tekanannya tidak terlalu tinggi. Selain itu ada tangga dan palang bisa yang digunakan untuk berpegangan. Tempat-tempat yang menyediakan fasilitas keren ini di antaranya adalah Pantai Tanjung Benoa, Pantai Sanur, dan Pantai Labuhan Amuk.

4. Flying Fish

Artinya adalah ikan terbang, merupakan salah satu olahraga air yang cukup menantang. Kamu bisa bersandar di sebuah perahu. Kemudian akan ditarik oleh speedboat. Kecepatan yang tinggi akan membuat perahu tersebut terbang ke langit. Hampir sama dengan parasailing. Hanya saja harus dilakukan oleh dua atau tiga orang agar perahu jadi seimbang.

Flying Fish [image source]
Flying Fish [image source]

Bukan hanya itu, tinggi minimal orang yang boleh melakukan ini adalah 150 cm. Agar tangan bisa memegang tali di atas kepala yang berfungsi sebagai pegangan. Jika benar-benar penasaran dan ingin mencoba Flying Fish, kamu bisa datang ke pantai di Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali.

5. Berkemah

Jangan di rumah mulu, sekalipun keluar menginapnya di hotel. Padahal ada  sensasi seru yang akan kamu rasakan jika mencoba berkemah. Tentu saja, berbeda dengan tinggal di rumah atau penginapan mewah. Karena kamu hanya mengandalkan tenda dan peralatan seadanya. Namun, justru itu yang jadi hal menarik. Menikmati alam dengan cara yang sederhana, namun bisa mendapatkan kenyamanan super istimewa.

Berkemah [image source]
Berkemah [image source]

Kamu bisa mengajak sahabat atau orang-orang terdekat. Kemudian bersenang-senang dan membuat kenangan menyenangkan bersama-sama. Pantai adalah lokasi berkemah yang tepat. Angin laut hingga suara ombak akan menjadi hiburan tersendiri, apalagi jika kamu dapat kesempatan memandangi langit yang penuh dengan bintang-bintang saat malam hari, sungguh sebuah pengalaman liburan yang seru bukan?

Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan. Selain menyumbang keseran, juga membuat kamu lebih segar dan sehat. Jadi tunggu apalagi, yuk segera ke pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *