Tempat-Tempat Kemping Keren di Jawa Timur yang Layak Kamu Datangi

Memang tak ada yang lebih asyik selain menghabiskan waktu di tengah alam terbuka. Sejuknya hawa yang bebas polusi, indahnya pemandangan yang terbentang luas, serta cantiknya langit malam bertabur bintang tentu bisa menghilangkan penat setelah aktivitas menjemukan di perkotaan.

Kalau Anda punya waktu liburan yang sedikit panjang, bolehlah kiranya merencanakan untuk kemping di sejumlah lokasi keren di Jawa Timur ini:

1. Ranu Kumbolo

Siapa yang tidak kenal Ranu Kumbolo? Terutama sejak kemunculan film berjudul 5 cm yang dibintangi oleh Raline Shah, Riani, Pevita Pearce, Junot, Fedi Nuril, dan Denny Sumargo, lokasi ini menjadi sangat terkenal di kalangan pecinta alam. Ranu Kumbolo merupakan nama danau yang terletak di lembah Mahameru. Keindahannya memang sudah tak diragukan lagi, karena itu tanah lapang di sekitar danau ini sering dijadikan lokasi kemping.

https://www.instagram.com/p/BIuwevsgjo6/

Tak hanya lokasinya yang strategis dan sangat nyaman untuk kemping, di lokasi ini Anda juga bisa menyaksikan flora dan fauna yang unik. Di musim liburan, ke manapun mata memandang akan terlihat tenda-tenda berwarna-warni milik para pendaki.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di Jawa Timur. Tak hanya menjadi favorit para pendaki, Bromo juga jadi tujuan wisata keluarga karena banyaknya objek menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari Pasir Berbisik, savana, Bukit Teletubbies, Kawah Ijen, hingga beberapa candid an pura yang mempesona.

#mountain #eastjava #bromo

A post shared by raiaraina (@raiaraina) on

Tempat ini juga menjadi lokasi sempurna untuk kemping. Untuk mencapai tempat ini tak sulit karena banyak akses yang bisa digunakan untuk menuju Gunung Bromo, misalnya saja melalui Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang, dan menjadi favorit para pecinta pantai karena pemandangannya yang mirip dengan Tanah Lot, Bali. Bagaimana tidak, di lokasi ini juga ada sebuah pura yang berdiri di atas karang seperti halnya yang ada di Tanah Lot. Tak heran kalau Pantai Balekambang sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur.

https://www.instagram.com/p/BItMAqeA31n/

Selain karena keindahan puranya, pantai Balekambang juga memiliki keindahan tersendiri yang memikat hati. Tak heran, tempat ini pun sering dijadikan lokasi kemping terutama sejak dibukanya camping ground pada tahun 1985. Di lokasi ini sudah banyak juga toko dan restoran yang akan makin menyamankan perjalanan Anda.

4. Coban Rondo

Coban Rondo merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Pujon, sekitar 25 km dari pusat kota Malang. Air terjun yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti air terjun janda ini merupakan salah satu objek wisata favorit penduduk Malang dan sekitarnya. Di lokasi ini, Anda bisa menikmati sejuknya udara dataran tinggi lengkap dengan panorama air terjun setinggi 1135 meter di atas permukaan laut.

https://www.instagram.com/p/BMvJ9_xATnJ/?tagged=cobanrondo

Sebelum naik ke air terjun, ada lokasi camping ground yang cukup luas. Lokasi kemping ini sangat nyaman terutama untuk yang belum pernah mendaki gunung, karena tidak perlu trekking untuk mencapainya. Di sekitarnya pun terdapat banyak fasilitas seperti kamar mandi, musola, toko, dan juga warung makan.

5. Pulau Merah

Kalau berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa mampir ke pulau Merah yang tersohor keindahannya. Pulau ini terletak di Kabupaten Banyuwangi dan memiliki pasir pantau yang putih bersih. Di lokasi ini ada bibir pantai sepanjang 3 km yang memiliki tanah berwarna kemerahan dan membentuk gundukan menyerupai bukit kecil. Dari tanah inilah nama Pulau Merah berasal.

https://www.instagram.com/p/BIrv5BTAQYq/

Selain bisa dijadikan lokasi kemping yang asyik, di pulau ini Anda juga bisa menikmati olahraga surfing karena ombak di pantai ini memiliki ketinggian 4 hingga 5 meter. Saat senja, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang sangat indah di langit Pulau Merah.

Supaya aktivitas kemping lebih menyenangkan, pastikan Anda memilih bulan-bulan di musim kemarau sehingga tidak perlu bingung saat hujan turun. Selain itu, pastikan Anda membawa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda, sleeping bag, tikar untuk alas, serta obat-obatan dan peralatan mandi.

Peralatan masak juga perlu dibawa, meski sebagian besar tempat kemping di Jawa Timur tersebut memiliki fasilitas warung dan tempat makan. Saat kemping, sebaiknya bawa makanan yang mudah diolah dan bisa menghangatkan tubuh seperti mie instan. Mengadakan acara bakar-bakar dengan api unggun jika bisa jadi ide menarik saat berkemah yang berfungsi untuk menghangatkan badan sekaligus mengisi perut.

Sebagian besar tempat kemping di Jawa Timur tersebut bisa didatangi dengan biaya yang cukup murah. Karena tempat kempingnya sangat luas, Anda pun bisa tetap menikmati suasana meski sedang musim liburan. Justru makin asyik saat kemping groung dipenuhi para pecinta alam karena Anda bisa saling mengobrol dan berbagai pengalaman.

Nah, kira-kira tempat kemping mana yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu di musim liburan mendatang? Jangan lupa selalu menjaga kebersihan dan jangan merusak alam di tempat Anda berkemah, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *