Curug Putri, Little Green Canyon di Tanah Pandeglang

Udah tahu Green Canyon, Pangandaran kan? Indonesia Flight’s Blog akan membahas kembarannya yang letaknya ada di kabupaten Pandeglang, Banten. Yap, kalian belum tahu kan jika Green Canyon punya saudara kembar? Kita perkenalkan, inilah curug putri pandeglang, Little Green Canyon dari barat Pulau Jawa.

Tempat wisata bertema alam akhir-akhir ini tengah banyak diminati para wisatawan. Sebab mereka bisa berinteraksi langsung dengan alam sekaligus mendapatkan view yang keren dan alami. Traveler yang tinggal di Banten dan sekitarnya punya obyek wisata alam yang kece dan tengah hits nih, namanya Curug Putri Pandeglang.

Curug Putri [image source]
Curug Putri [image source]

Jangan membayangkan tempat ini seperti Grojogan Sewu di Karanganyar. Walaupun namanya curug alias air terjun tapi yang paling mendominasi di tempat ini adalah sungainya. Jadi Curug Putri itu adalah air terjun yang mempunyai kolam dan mengalir menjadi sungai. Nah kolam dan sungai Curug Putri Pandeglang ini mengalir di dalam celah antara apitan tebing batu yang tinggi.

Baca: Wisata Budaya Mempelajari Kearifan Lokal Dengan Berkunjung ke Desa Wisata Suku Baduy

Dengan kondisi yang seperti ini mengingatkan kita pada Green Canyon Pangandaran yang juga memiliki karakteristik serupa. Ditambah, kegiatan yang ditawarkan di tempat ini juga mirip-mirip gitu seperti body rafting dan juga berenang. Yang membedakannya adalah lebar sungainya, di Curug Putri Pandeglang ini sungainya relatif lebih sempit.

Curug Putri [image source]
Curug Putri [image source]

Curug Putri adalah destinasi tersembunyi di Pandeglang. Belum banyak traveler yang tahu keberadaan Curug Putri Pandeglang ini. Selain lokasinya yang memang masih cukup sulit dijangkau, keberadaan obyek wisata dengan nama yang sama membuat traveler bingung dan rancu. Jadi di Pandeglang ini ada dua Curug Putri yang pertama berada di kecamatan Pulosari dan yang kedua ada di Carita.

Curug Putri kembaran Green Canyon ini terletak di daerah Carita atau tepatnya di dalam kawasan Taman Hutan Raya alias Tahura kabupaten Pandeglang. Tahura ini baru saja diresmikan pada bulan Agustus 2013 silam. Di dalamnya terdapat beberapa tempat wisata, selain Curug Putri ini ada juga Curug Gendang yang sementara ditutup untuk revitalisasi dan perbaikan.

Curug Putri [image source]
Curug Putri [image source]

Bagi yang tertarik mencicipi serunya bermain di Curug Putri Pandeglang Banten bisa menuju ke lokasi dengan mengambil rute dari Kota Serang menuju ke Pandeglang kemudian Labuan dan terakhir ke Carita. Jika kesulitan menemukan lokasinya, tanya saja pada penduduk sekitar, mereka akan membantumu memberi tahu lokasinya. Jangan lupa pula untuk mengunjungi pantai-pantai keren yang ada di Carita ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *