Oleh-Oleh Asli Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

Saat berkunjung ke suatu tempat, kita pasti akan tertarik untuk mencari oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Dan oleh-oleh yang paling banyak dicari wisatawan adalah makanan khas. Nah, salah satu kota di Indonesia yang juga dikenal sebagai surganya kuliner adalah Surabaya.

Ada banyak tempat keren yang bisa Anda datangi di Surabaya untuk mencicipi makanan dan minuman yang super yummy. Biar liburan Anda ke Surabaya semakin berkesan, oleh-oleh asli dari daerah ini tentunya wajib dibawa pulang dong. Dan Travelingyuk merekomendasikan sepuluh oleh-oleh asli Surabaya ini untuk Anda borong. Yuk simak bersama!

1. Almond Crispy

Salah satu produsen almond crispy yang populer di Surabaya adalah Wisata Rasa yang terletak di Jalan Raya Jemursari No. 164. Wisata Rasa menawarkan tiga varian rasa untuk almond crispy, yaitu Almond Crispy Cheese (Original), Almond Choco Cheese, dan Almond Green Tea. Soal rasa tak perlu ditanya karena bisa bikin Anda ketagihan.

2. Spikoe Resep Kuno

https://www.instagram.com/p/BIILA5Rg-UH/

Spikoe Resep Kuno berlokasi di Jl. Rungkut Madya No.41, Gn. Anyar, Rungkut, Kota Surabaya. Spiku yang dibuat di tempat ini memiliki cita rasa yang tiada duanya. Saat dimakan, tekstur spikunya terasa sangat lembut di mulut. Spikoe Resep Kuno sendiri merupakan pengembangan bisnis dari Keluarga Santoso sejak tahun 1976. Karena resepnya sudah turun-temurun, tempat ini tentunya telah memiliki banyak pelanggan setia.

3. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Payus Ashabi. Order / tanya-tanya : 085811762197 (sms/wa/call) , yuliaalamsyah (line)

A post shared by Ashabi (@ashabi_suroboyo) on

Saat melewati Jalan Sukolilo atau kawasan sekitar Pantai Kenjeran, aroma khas dari kerupuk ikan akan langsung tercium. Untuk kerupuk amplang, harga jualnya berkisar Rp 10.000 per seperempat kg, sementara kerupuk kulit ikan dibanderol Rp 25.000 per seperempat kg. Selain membeli kerupuk ikan, Anda juga bisa membawa pulang beragam aksesoris yang terbuat dari kulit kerang, kulit kepiting, mau pun kulit lobster.

4. Siropen Telasih

Siropen Classic

A post shared by siropensurabaya (@siropensurabaya) on

Kalau Anda ke Surabaya, wajib banget untuk membeli oleh-oleh yang satu ini. Siropen Telasih adalah sebuah pabrik rumahan yang sudah berproduksi sejak tahun 1923. Dan ini juga merupakan pabrik sirup pertama di Indonesia. Bangunan pabrik juga dibiarkan seperti aslinya dan masih sangat terawat lho. Tempat keren ini bisa Anda temukan di Jalan Mliwis No.5, Krembangan Selatan, Krembangan, Surabaya.

5. Buna Rendang

https://www.instagram.com/p/BJwmoAMgecJ/?tagged=bunarendang

Camilan khas Surabaya yang wajib Anda coba adalah Buna Rendang. Panganan lezat ini adalah hasil inovasi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya lho.

Buna Rendang sendiri merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Panganan enak ini dapat Anda temukan di beberapa titik seperti di kawasan Manyar, Swalayan Sakinah ITS, Fakultas Ilmu Budaya Unair dan kawasan Dukuh Kupang.

6. Sambal Udang Bu Rudy

Tampilan baru sambal asli Bu Rudy

A post shared by Sambal & Udang Bu Rudy Pusat (@burudy.surabaya) on

Sambal Udang Bu Rudy memang sangat fenomenal di Surabaya. Banyak wisatawan yang memburu sambal ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Dan rasanya memang kurang pas kalau kita ke Surabaya tapi belum membeli sambal Bu Rudy. Soal rasa pastinya endes sekali yah. Sementara untuk harga juga sangat terjangkau, yang dijual sekitar 20 ribuan per botol.

7. Jenang dan Sirup Mangrove

Berkat kelompok petani mangrove di Surabaya, buah mangrove dapat diolah menjadi jenang, sirup, dan minuman cola. Anda bisa membeli oleh-oleh unik ini di Jalan Sonnetaria, Rungkut, Surabaya. Jangan tanya soal rasa, karena panganan ini sangat lezat. Kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan sebutan sirup bogem dan jenang bogem. Bogem atau Sonnetaria adalah nama buah dari pohon mangrove yang bisa diolah menjadi panganan. Untuk sekotak jenang berisi 12 buah, harganya sekitar 10 ribuan.

8. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi [image source]
Abon Sapi [image source]

Buat Anda pecinta abon, di sepanjang jalan Padmosusastro, Anda bisa menemukan sentra pembuatan abon sapi yang super maknyus.  Mayoritas warga di sana memang menjual abon daging sapi. Kalau dari luar, tempatnya seperti rumah biasa dan sangat sederhana. Meski dari luar tampak sederhana, rasa abon daging sapi di tempat ini super enak. Salah satu merk yang banyak disukai wisatawan adalah Abon Bu Sarti yang terkenal dengan rasanya yang gurih dan teksturnya yang crispy.

9. Bandeng Asap

Bandeng Asap menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang saat berlibur ke Surabaya. Selain bisa dimakan langsung, bandeng asap juga enak diolah kembali jadi lauk. Intinya, Anda bisa menyantapnya sesuai selera dan membuat beragam kreasi dari panganan lezat ini. Harga bandeng asap biasanya dibanderol sekitar Rp 85.000 per kg (sekitar 2 ekor). Dan Anda bisa membeli oleh-oleh nikmat ini di Perum Permata Siwalan Indah atau Siwalan Panji Buduran Lingkar Timur Sidoarjo.

10. Guna-Guna Snack

Guna-Guna Snack adalah oleh-oleh unik asli Surabaya. Sayangnya, Guna-Guna Snack belum memiliki toko fisik sampai sekarang. Jadi, Anda hanya bisa memesan produk mereka lewat SMS, Whatsapp atau BBM. Produk snack yang ditawarkan berupa basreng, keripik kentang, keripik buah naga, keripik talas, samosa, dan masih banyak lagi. Soal rasa pastinya oke punya deh!

Sudah memasukkan sepuluh makanan di atas dalam daftar oleh-oleh asli Surabaya yang hendak Anda borong?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *