Ingin Berwisata ke Danau Toba? Baca Ini Dulu

Tempat Wisata Danau Toba
Tempat Wisata Danau Toba

Kita ketahui bahwa Provinsi Sumatra utara terkenal dengan Danau Toba. Danau ini memiliki sejarah yang unik dan sangat lekat sekali dengan cerita rakyat yang menceritakan tentang sebuah drama percintaan antara petani dan seorang putri ikan. Cerita tersebut sangatlah populer hingga saat ini dan menjadi dongeng menarik untuk anak-anak. Bahkan cerita tersebut sempat diabadikan menjadi karya film legenda Indonesia. Cerita tersebut yang membuat para wisatawan mengunjungi tempat wisata danau toba.

Baca: Mengintip Cantik dan Uniknya Danau Pulau Satonda, Kepingan Surga di Tanah Dompu

Bila kita telisik secara ilmiah, danau toba sendiri terbentuk oleh letusan gunung vulkanik purba yang terjadi pada puluhan ribu tahun yang lalu. Para peneliti membuktikan bahwa danau toba sendiri memiliki peran sangat bersejarah pada jaman dahulu. Karena saking dahsyat ledakannya, mempengaruhi populasi dunia. Peristiwa tersebut mempengaruhi keadaan geografis di pulau Sumatera, sehingga terbentuklah sebuah Danau yang sangat indah sampai saat ini. Danau toba merupakan danau terbesar se-Asia. Di tengahnya yang di sebut pulau Samosir, maka tidaklah jarang para wisatawan asing dan domestik berkunjung ke objek wisata danau toba, terutama para peneliti geologi.

Karena tingkat para wisatawan yang mengalami penaikan dari tahun ke tahun. Maka sangat wajar bila daerah Provinsi Sumatera utara tersebut mengalami kemajuan dalam sektor pariwisata, khususnya sektor pariwisata di sekitar Danau Toba sendiri. Tidak ada salahnya Bila anda ingin menikmati dan berkunjung ke tempat wisata danau toba, maka ada hal-hal berikut yang perlu anda perhatikan.

Tips Berlibur ke Tempat Wisata Danau Toba

1. Perjalanan Menuju Tempat Wisata Danau Toba

Banyak sekali alternatif menuju tempat wisata Danau Toba. Bila kamu berada di luar pulau kamu bisa memakai transportasi udara. Kamu bisa menuju Bandara Kualanamu dari kabupaten Sumatera utara deli serdang dan menggunakan Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air. Biasanya bila menggunakan transportasi udara akan memerlukan biaya yang cukup bervariasi antara 900 ribu hingga 1 juta lebih, disarankan menggunakan harga tiket pesawat tertentu agar lebih murah.

Sesampainya di bandara, kamu juga akan menemukan angkutan darat yang akan membawa anda langsung ke lokasi tempat wisata Danau Toba, baik bus, travel, atau taksi.

2. Penginapan

Bila kamu sudah di lokasi tempat wisata danau toba, kamu bisa menemukan beberapa penginapan. Di pulau Samosir terdapat daerah yang menawarkan pilihan untuk penginapan yang bisa kamu temui. Biasanya para wisatawan asing lebih menyukai menginap di daerah Tomok, yang berada di dalam Pulau Samosir. Penginapan yang direkomendasikan adalah penginapan yang langsung menghadap Danau, sehingga kamu langsung bisa melihat keindahan Danau tersebut. Kelas penginapan di sekitar tempat wisata danau toba sangat beragam, terdapat beberapa tipe mulai dari losmen hingga hotel.

3. Event

Even yang paling populer adalah Festival Danau Toba. Sangat di rekomendasikan bagi yang ingin berwisata ke danau toba , untuk mengetahui informasi event tahunan tersebut. Karena pada Festival danau toba tentunya kamu akan disuguhi oleh beberapa kegiatan adat, yang bisa membuatmu terhibur, dan menjadikan suasana liburanmu menjadi lebih berarti dengan keanekaan ragam budaya Indonesia.

4. Tips Lain

Hati-hati bagi anda yang beragama muslim, atau alergi makanan tertentu, karena makanan utama di tempat wisata danau toba menggunakan daging babi. Tetapi janganlah khawatir, karena fasilitas hotel atau rumah makan di tempat wisata danau toba banyak juga yang menyediakan makanan halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *