Nih 5 Tempat Wisata di Solo yang Cocok Banget Buat Liburan Akhir Pekan

Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya
Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

Solo punya segudang tempat wisata menarik buat liburan. Nah, bagi traveler yang mau berakhir pekan di solo, setidaknya ada 5 tempat wisata di solo yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di solo sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner.

Di solo terdapat bandara Adi Sumarmo. Jadi jika kamu ingin berwisata ke solo, kamu bisa pesan tiket pesawat dengan tujuan penerbangan bandara Adi Sumarmo. Bagi kamu yang ingin beli tiket pesawat sebaiknya kunjungi Indonesia Flight. Sebab tersedia beragam harga tiket pesawat murah untuk semua maskapai resmi dan rute.

Lantas apa saja tempat wisata solo dan sekitarnya yang menarik untuk di kunjungi? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca artikel ini lebih lanjut.

Baca: 5 Tips yang Wajib Diketahui Buat Solo Traveler Wanita

5 Tempat Wisata di Solo yang Cocok Banget Buat Akhir Pekan

1. Keraton Surakarta

Tempat wisata di solo pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Keraton Surakarta. Di tempat wisata keraton surakarta kamu bakal dapet banyak info mengenai sejarah perkembangan kota solo dan juga kebudayaannya. Harga tiket masuk keraton Surakarta yang ramah di kantong, kamu bisa puas berkeliling museum untuk melihat benda-benda kuno.

Nggak cuma berkeliling museum aja, kamu juga bisa berkeliling di alun-alun yang ada di sekitar keraton. Di sana kamu bisa ketemu dengan KEBO BULE. Adapun alamat keraton Surakarta solo sendiri berlokasi di pusat kota solo.

2. Taman Sriwedari

Tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Taman Sriwedari.  Adapun alamat taman sriwedari solo berlokasi di Kecamatan Laweyan. Dahulunya tempat wisata di indonesia yang satu ini merupakan sebuah tempat istirahat keluarga kerajaan. Tapi sekarang menjadi sebuah tempat rekreasi keluarga.

Nggak cuma bisa menikmati keindahan dan juga cuacanya yang teduh saja, tapi kamu juga bisa menikmati pertunjukan wayang di Gedung Wayang Orang Sriwedari.

3. Air Terjun Jumog

Tempat wisata di solo jawa tengah selanjutnya adalah Air Terjun Jumog. Adapun lokasi wisata alam air terjun jumog ini berada di kaki gunung Lawu, lebih tepatnya di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Keindahan obyek wisata air terjun jumog ini tidak kalah lho dengan air Air Terjun Grojogan Sewu yang lokasinya juga berada di kaki Gunung Lawu.

Wisata air terjun jumog karangananyar mempunyai tinggi kurang lebih 30 M. Dengan udara segar dan air yang jernih, membuat  wisata alam air terjun jumog sangat cocok dikunjungi untuk mengisi waktu liburmu.

4. Candi Cetho

Tempat wisata selanjutnya adalah Candi Cetho. Tempat wisata di solo yang satu ini berlokasi di kawasan Gunung Lawu. Meskipun masih dipakai sebagai tempat ibadah umat agama Hindu, tapi Candi Cetho juga terbuka untuk kunjungan wisatawan. Candi Cetho berada di ketinggian 1.496 M di atas permukaan laut. Pemandangan candi dan juga lingkungan sekitarnya sangat menyejukkan mata.

5. Wisata Kuliner Gule Goreng

Nggak cuma terkenal dengan wisata alam dan sejarahnya aja, tapi kota solo juga terkenal dengan wisata kulinernya. Ada banyak makanan enak yang bisa kamu temukan di kota solo seperti timlo, selat, sate bundel dan gule goreng. Nah, bagi kamu yang ingin atau sedang berwisata di solo, daftar makanan tersebut wajib kamu coba.

Baca: 4 Jajanan Super Unik yang Hanya Ada di Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *