Jangan Anggap Sepele, Sebelum Diving Ketahui 5 Tips Ini

Tips Diving yang Harus Kamu Tahu
Tips Diving yang Harus Kamu Tahu

Dunia bawah laut menyimpan begitu banyak keindahan. Untuk bisa menjelajahinya kamu harus Diving, namun diving tidak bisa dilakukan sembarangan. Diving berbeda dengan Snorkeling. Diving mempunyai sejumlah kriteria serta ciri khas yang berbeda, mulai dari kedalaman sampai dengan peralatan yang digunakan. Semuanya mesti benar-benar diperhatikan dengan sangat baik. Apabila kamu ingin diving, sebaiknya perhatikan beberapa tips diving berikut ini.

Baca: Tips Untuk Kamu yang Gak Bisa Berenang Tapi Tetap Bisa Menikmati Pantai dan Lautan

Tips Diving yang Harus Kamu Tahu

1. Lisensi

Diving berbeda dengan snorkeling, jika kamu ingin diving maka kamu harus memiliki lisensi khusus. Mengapa harus memiliki lisensi khusus? Sebab diving ini mempunyai sejumlah aspek yang berbeda contohnya kedalaman air serta peralatan yang dipergunakan. Sekarang ini sudah banyak sekai tempat atau Dive Center yang menyediakan pelatihan dan juga sertifikasi berjenjang.

2. Peralatan Berfungsi dengan Baik

Diving merupakan salah satu kegiatan di air yang memerlukan peralatan khusus dan peralatannya pun cukup banyak antara lain adalah wetsuit, masker, regulator hingga tabung. Pastikanlah seluruh peralatan tersebut bisa digunakan atau berfungsi dengan baik. Jika kamu merasa peralatan tersebut mengalami kenjanggalan segera beri tahu ke instruktur ataupun partner divingmu meskipun hanya mengalami sedikit kerusakan.

3. Tidur yang Cukup

Nggak cuma memerlukan keseimbangan di dalam air dan memerlukan konsentrasi aja,  tapi menyelam juga memerlukan stamina penuh serta kondisi tubuh yang prima. Jangan sesekali melakukannya jika stamina atau kondisi tubuhmu sedang tidak dalam kondisi baik, dikahwatirkan kamu bisa pingsan di dalam air dan risiko yang paling besar adalah bisa menyebabkan kematian. Untuk mengantisipasinya, kamu mesti tidur dengan cukup supaya ketika diving nanti tidak mudah lelah.

4. Harus Punya Pendamping

Pendamping di sini bukan pendamping hidup yaa, melainkan seseorang yang menjadi partner ketika berada di bawah laut, atau bisa disebut juga dengan istilah ‘buddy’.

Pendamping dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang menimpamu, maka sang pendamping bisa memberikan bantuan.

5. Jangan Minum Soda sebelum Menyelam

Yang nggak kalah penting lainnya adalah hindari minum minuman bersoda sebelum menyelam, atau minimal 1 x 14 jam dilarang minum soda.

Sebab ketika menyelam kamu diharuskan melawan tekanan air laut serta gravitasi. Jika kamu minum minuman bersoda, maka nantinya ketika menyelam kamu akan mengeluarkan gas serta bisa menyebabkan muntah. Satu sisi mulutmu mesti tetap dipasang selang yang terhubung ke tabung oksigen.

Itulah beberapa tips diving. Kunjungi terus traveling.indonesiaflight.id untuk mengetahui informasi menarik mengenai tempat wisata di indonesia. Jangan lupa juga kunjungi www.indonesiaflight.id. Kemanapun liburannya, cari tiket pesawat di Indonesia Flight.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *