Gua Sunyaragi Bukan Gua Biasa, di Sinilah Mitos Enteng dan Sulit Jodoh Berada

Posted on

Satu mitos saja sudah umum dimiliki tempat wisata. Tapi tidak untuk salahs atu obyek wisata di Cirebon yang bernama Gua Sunyaragi. Tempat wisata ini punya dua mitos yang ternyata saling bertolak belakang. Di mana salah satu mitosnya ialah traveler yang berkunjung di Gua ini bisa dimudahkan jodohnya, tetapi satu mitosnya lagi justru bisa bikin sulit mendapatkan jodoh. Lho aneh sekali bukan?

gua sunyaragi
Foto: http://belajartehnikseo.blogspot.com/

Gua Sunyaragi menjadi salah satu tempat wisata yang bisa Anda temukan di Cirebon yang menyimpan sejarah panjang dan mitos seputar jodoh. Gua ini bukan seperti gua pada umumnya yang terbentuk dari fenomena alam di kawasan karst. Gua Sunyaragi ini memiliki keunikan, yaitu terbentuk dari susunan bebatuan yang merupakan hasil karya tangan manusia, sehingga tampak mirip dengan gua batu alami.

Gua Sunyaragi ini dibuat oleh pangeran Emas Zaenul Arifin, dimana Panembahan Ratu Pertama ini dibuat dalam waktu tiga periode pada awal abad ke-18. Dulunya gua ini dikenal sebagai tempat untuk mencari ketenangan bagi Sultan Cirebon dan keluarganya. Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa gua ini sebagai tempat yang digunakan untuk latihan tentara kesultanan Cirebon.

Yang menarik dari wisata Gua Sunyaragi, yaitu mengenai mitos-mitosnya. Dalam satu tempat wisata terdapat dua mitos sekaligus, dimana kedua mitosnya tersebut saling berseberangan. Mitos pertama ada di Gua Peteng, dimana gua ini merupakan bagian dari Gua Sunyaragi. Pada bagian depan, tepat di bagian pintu masuknya terdapat patung yang terbuat dari batu yang disebut sebagai Perawan Sunti. Dulunya, siapa saja yang menyentuh patung batu ini, maka akan mengalami kesulitan dalam hal jodoh. Oleh karena itu, setiap pengunjung disarankan bersama pemandu agar salah melakukan tindakan, salah satunya yaitu salah karena memegang batu.

Sedangkan mitos yang kedua ada di bagian lain gua, tepatnya berada di Gua Kelanggengan yang letaknya tidak jauh dari kawasan gua pertama tadi. Di sini setiap pengunjung yang masuk ke dalam gua diyakini akan mendapatkan kemudahan dalam hal jodoh. Bagi siapa saja yang secara tidak sengaja sudah terlanjur memegang/menyentuh batu Perawan Sunti bisa menghilangkan masalah terkait mitos ketika masuk ke dalam Gua Kelanggengan.

Nah, Anda tidak diwajibkan percaya dengan mitos tersebut di gua Sunyaragi. Yang pasti sisi lain yang patut untuk dinikmati ialah pesona gua di desa Sunyaragi, kecamatan Kesambi, kota Cirebon. Ini menjadi salah satu tempat wisata cukup menarik untuk dikunjungi. Silahkan berkunjung ke sini.