Berkunjung Ke Buton? Jangan Lupa Datang Ke 4 Tempat Wisata Ini

Posted on

Sulawesi tenggara mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Kabupaten Buton. Ada banyak sekali tempat wisata di Buton yang wajib dikunjungi jika kamu berwisata di sana. Mulai dari tempat wisata kampung Bajo yang unik sampai tempat wisata alam yang sangat indah.

tempat wisata di buton

Adapun untuk menuju tempat wisata di Buton sangat mudah sekali, yakni menggunakan angkutan udara. Kamu bisa pesan tiket pesawat tujuan Bandara Betoambari di Kota Bau-Bau.

Sesampainya di bandara Betoambari, perjalananmu dilanjutkan dengan transportasi darat menuju Pasarwajo kurang lebih selama 1 jam. Pasarwajo sendiri merupakan pusat kabupaten Buton. Untuk menuju salah satu tempat wisata di Buton, kamu bisa menyewa kendaraan sebab kendaraan umum di Buton masih minim sekali. Lantas apa saja tempat wisata di Buton yang menarik yang wajib dikunjungi? Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini lebih lanjut.

Tempat Wisata di Buton

1. Teluk Pasarwajo

teluk pasarwajo
Foto: http://travelplusindonesia.blogspot.com/

Buton mempunyai pesona alam bawah laut yang tidak kalah dengan tempat wisata di Indonesia lainnya lho. Apabila kamu ingin Diving, maka salah satu Spot penyelamannya berada di Teluk Pasarwajo. Kamu akan menemukan banyak ikan dan juga terumbu karang yang berwarna-warni di sana.

2. Benteng Keraton Buton

benteng keraton
Foto: http://teen.co.id/

Nggak cuma dikenal dengan tempat wisata alam atau lautnya aja, tapi kabupaten Buton juga punya tempat wisata sejarah lho traveler. Benteng Keraton Buton, itulah nama tempat wisata sejarah di Buton. Tempat wisata di buton yang satu ini tercatat ke dalam Guinness Book of Record dan Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai benteng terbesar di dunia. Wow, luar biasa sekali, bukan?

Sejarah benteng keraton Buton

Benteng ini didirikan kisaran abad ke 16, oleh sultan ketiga Buton. Batu gunung dan juga batu karang dipakai untuk membangun tempat wisata sejarah di Buton yang satu ini. Konon untuk merekatkannya menggunakan kapur serta putih telur saja. Meskipun hanya menggunakan dua bahan tersebut, namun sampai sekarang benteng ini tetap berdiri kokoh.

3. Desa Wabula

desa wabula
Foto: http://beelavista.blogspot.com/

Lokasi desa wabula berada di Kecamatan Wabula Kabupaten Buton. Tempat wisata di Buton yang berada di kawasan pesisir ini mempunyai pemandangan yang cantik dan juga bersih. Selama berada di sana, kamu dapat bersantai di pinggir pantai ataupun melihat wanita bermacam usia yang sedang menenun kain Buton.

4. Pantai Nirwana

pantai nirwana
Foto: https://utiket.com/

Tempat wisata pantai di Buton sangat indah. Jika kamu ingin berenang di pantai yang bersih dan juga sangat cantik, maka tempat wisata pantai nirwanalah tempatnya. Tempat wisata di Buton yang satu ini berada tidak jauh dari bandar udara Bau-bau, jika menggunakan kendaraan bermotor hanya memerlukan waktu 5 menit saja.